Mengapa mulut mengeluarkan asap saat cuaca dingin dan pagi hari ?


Saat kecil mungkin kita pernah memainkan nafas kita. Yaitu dengan cara mengeluarkan udara hasil pernafasan kita melalui mulut. Apalagi saat pagi hari. Dimana mulut kita seakan mengeluarkan asap dari mulut kita.

Nah, setelah kita dewasa seperti sekarang, pernahkah kita mengingatnya dan bertanya. Mengapa mulut kita mengeluarkan asap saat pagi hari ? Nah, bagi kalian yang demikian dan penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui sebelumnya, bahwa mulut kita akan seperti mengeluarkan asap saat cuaca sedang dingin. Bagi orang yang tinggal di dataran rendah seperti kami, mungkin hanya akan terjadi saat pagi hari. Namun lain ceritanya jika kalian tinggal di dataran tinggi atau pegunungan.

Cuaca pegunungan yang biasanya dingin tentu akan membuat nafas dari mulut kita tampak seperti mengeluarkan asap setiap saat dan lebih sering dibandingkan dengan dataran rendah. Terutama jika cuaca hujan dan mendung. Namun, saat matahari bersinar terik, tentu hal tersebut mungkin tidak akan terjadi.

Asap yang keluar dari mulut kita, sebenarnya adalah uap air yang dihasilkan oleh sistem pernafasan kita. Saat cuaca dan udara dingin, uap air tersebut dengan segera berubah menjadi titik-titik air yang sangat kecil dan terlihat seperti asap karena titik-titik air tersebut sangat banyak.

Perubahan uap air tersebut biasa di sebut sebagai kondensasi atau pengembunan. Yaitu uap air yang hangat akan lanhsung menjadi dingin dan menjadi titik air karena suhu udara yang dingin. Saat cuaca panas, tentu hal tersebut terjadi. Karena uap air yang keluar dari mulut kita tetap hangat.

Seperti yang sudah kita ketahui, manusia menghirup oksigen untuk bertahan hidup. Setelah melalui proses didalam tubuh kita, kita akan mengeluarkan karbon dioksida dan kelembapan (uap air) yang berasal dari mulut dan paru-paru kita. Nah, seperti yang sudah di jelaskan tadi, kelembapan atau uap air inilah yang menjadi penyebab asap tadi.

Nah itu dia temen-temen jawabannya. Semoga apa yang telah kita bahas diatas dapat bermanfaat ya. Jangan lupa baca bahasan kami yang lain. Mohon maaf apabila ada kekeliruan ya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *