Mengapa sampo bisa berbusa ?


Saat mandi, bagi sebagian orang tentu tak akan lengkap jika tidak berkeramas. Berkeramas juga tidak akan lengkap bila tidak menggunakan shampo ya temen-temen. Dimana setiap busanya sangat menyegarkan dan seakan meluruhkan setiap masalah yang kita pikirkan dalam kehidupan kita.

Nah berhubungan dengan hal tersebut, pernahkah kalian berpikir sejenak. Sebenarnya apa yang membuat shampo yang kita pakai sehari-hari tersebut bisa berbusa ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Seperti yang kita ketahui, shampo merupakan cairan mirip sabun yang digunakan untuk mencuci rambut kita agar bersih dari kotoran dan minyak karena aktivitas kita sehari-hari. Selain itu, shampo juga bisa membuat rambut kita menjadi wangi, halus, lembut, dan juga membuat rambut kita mudah diatur dan tidak kusut.

Beberapa shampo memang diproduksi dengan tujuan khusus. Seperti menghilangkan ketombe, mengatasi rambut rontok, rambut patah, dan masalah-masalah rambut lainnya. Sehingga, untuk mencapai tujuan tersebut tentu ada bahan khusus yang  berbeda beda.

Namun, kita semua akan setuju jika kebanyakan shampo akan memiliki busa saat kita pakai. Nah, busa tersebut dihasilkan dari salah satu jenis sulfat. Sulfat juga dikenal dengan nama SLS (sodium lauryl sulfate), SEL (sodium laureth sulfate), natrium lauril sulfat, natrium lauret sulfat, amonium lauret sulfat, dan amonium lauril sulfat.

Gelembung sendiri terjadi karena ada dua zat yang hidrofobik dan hidrofilik. Hidrofobik akan cenderung tidak larut kedalam air dan lebih mengikat ke udara. Dementara hifrofilik akan dangat mudah larut didalam air. Sehingga terciptalah gelembung akibat percampuran zat yang berbeda jenis tadi.

Nah itu dia temem-temen penyebab sampo  yang kita gunakan menghasilkan sabun. Yaitu ksrena ada kandungan sulfat didalamnya. Yasudah, semoga apa yang telah kita bahas diatas dapat bermanfaat baginkita semua. Jangan lupa baca bahasan kami yang lain ya dan jangan lupa share juga.

Dan  mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekeliruan informasi pada postingan kali ini. Kalian bisa sampaikan koreksi kalian mrlalui kolom komentar atau laman kontak kami yang disediakan. Baik, samapai disini dulu ya. Terimakasih  :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *