Kemana air sungai mengalir ?


Kita semua tentu tau sungai ya. Atau, malah sering main kesana ? Sering berenang saat masih kecil ? Ya, dimana air nya yang mengalir tentu membuat kita senang berenang disana. untuk sekedar menangkap ikan saja. Sungai juga bisa berguna untuk mengairi sawah-sawah dan juga peekebunan.

Namun, pernahkah kalian memiliki pertanyaan yang sedikit nyeleneh dan unik ? Contoh seperti kemana air sungai akan mengalir ? Nah, mungkin itu hanya pertanyaan sepele. Namun, terkadang ada saja orang yang masih belum tau. Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Kita tentu sudah tau dan sudah di ajari disekolah ya, jika air merupakan benda cair yang akan terus bergerak dan mengalir ketempat yang lebih rendah. Hal tersebut juga terjadi pada air sungai. Dimana air sungai akan mengalir dari tempat yang lebih tinggi sejak dari sumber air menuju tempat yang lebih rendah.

Sungai sendiri dibagi menjadi 3 bagian umum. Yaitu hulu, hilir, dan muara. Hulu merupakan bagian kepala atau awal sungai yang termasuk sumber keluarnya air. Kemudian, air akan terus mengalir mengikuti hilir atau badan sungai. Kemudian air sungai akan berakhir di muara sungai.

Muara sendiri bisa beraneka ragam. Muara juga bisa diartikan sebagai akhir dari perjalanan air sungai. Muara sungai bisa berupa laut. Namun, ada juga yang berupa danau. Contoh nya seperti danau toba yang menjadi muara beberapa sungai di sumatera utara. Selain itu, sungai-sungai kecil musiman juga bisa bermuara ke sawah atau sungai yang lebih besar.

Jadi sudah jelas ya temen-temen. Air sungai ini berawal dari sumber air yang disebut hulu, kemudian mengalir mengikuti badan sungai yang disebut hilir, dan berakhir pada tempat yang bernama muara. Muara sendiri banyak macamnya. Ada yang bermuara ke sungai yang lebih besar, sawah, danau dan yang paling umum adalah laut.

Hal tersebut bisa terjadi karena air akan selalu mengalir ketempat yang kebih rendah selama tidak ada penghalang. Sementara, muara biasanya memiliki tempat paling rendah dari tempat sekitar. Seperti danau yang memiliki kedalaman dan juga laut.

Nah gimana ? Sudah jelas ya temen-temen bahasan kami kali ini. Semoga apa yang telah kita bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Baik, terimakasih sekali lagi :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *