Bisakah kita membuat pulau ?


Seperti yang kita ketahui, di negara kita indonesia ini terdiri dari banyak pulau. Mulai dari yang besar seperti sumatera, jawa, sulawesi, dan kalimantan, sampai dengan pulau-pulau kecil seperti madura, bali, flores, dan pulau-pulau kecil lainnya yang tak bepenghuni mupun yang berpenghuni.

Namun, bicara soal pulau, pernahkah kita berpikir sejenak atau bahkan memiliki keinginan untuk membuat pulau buatan ? Nah, apakah hal itu benar bisa ? Nah bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Langsung saja ya, pulau buatan memang sangat bisa kita buat. Salah satu contohnya adalah 3 pulau buatan di teluk jakarta, serta pulau-pulau buatan di dubai. Seperti pulau palm, pulau jumeirah, pulau yas, pulau the world, dan beberpa pulau lainnya. Beberpa pulau buatan tersebut menjadi bukti jika pulau buatan memang sangat bisa untuk dibuat.

Namun, tentu saja yang harus disiapkan adalah dan yang sangaaaaaat besar. Karena, untuk mengurug nya saja butuh uang yang tidak sedikit. Bahkan mencapai puluhan Triliun sampai ratusan triliun. Itu hanya untuk membuat pulau dan tidak termasuk biaya pembiayaan nya ya temen-temen. Sangat mahal bukan ?

Selain itu, pilihan lokasi juga harus diperhatikan dan diperhatikan dengan cermat. Lokasi pembuatan pulau baru biasanya tidak terlalu jauh dengan daratan atau pulau besar yang sudah ada. Karena, selain mempermudah akses masuk, lokasi dekat pantai juga terbilang lebih dangkal dibandingkan dengan laut lepas.

Lokasi laut yang dangkal biasanya dipilih untuk memangkas biaya pengurugkan. Mengurug laut yang dalam tentu sangat sulit dan memakan biaya yang sangat banyak bukan ? Nah, itu lah salah satu dari beberapa alasan lokasi pantai buatan berada didekat pantai atau di sebuah teluk.

Selain lokasi dan biaya, teknik dan cara pengurugkan juga harus diperhatikan. Sembarangan mengurug bisa saja membuat pulau buatan lekas terbawa dan turun laut kembali. Mengurug laut atau membuat pulau harus diperhitungkan dan dikelola dengan matang.

Nah itu dia temen-temen bahasan kami kali ini. Semoga bahasan kami kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain ya. Dan jangan lupa share juga. Baik, sampai disini dulu ya. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *