Mengapa diindonesia dan negara tropis lain tidak mungkin hujan salju ?


Seperti yang kita ketahui, salju merupakan es yang biasanya jatuh dari atas seperti hal nya hujan. Namun, karena kita ada di negara indonesia yang beriklim tropis, tentu kita tidak bisa merasakan musim dingin dan hujan salju seperti negara yang beriklim subtropis seperti negara-negara eropa sana.

Namun, berkaitan dengan hal tersebut, bernahkah kita berpikir atau penasaran. Sebenarnya mengapa negara kita tidak bisa merasakan musim dingin dan hujan salju seperti negara eropa ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Sebenarnya, untuk menghasilkan hujan salju, ada syarat yang harus dipenuhi oleh suatu daerah. Umumnya, syarat tersebut hanya di  penuhi oleh beberapa wilayah saja didunia. Syarat tersebut hanya dipenuhi oleh wilayah kutub dan wilayah dengan iklim subtropis. Sementara, wilayah dengan iklim tropis tidak mampu memenuhi syarat tersebut.

Dan tentu kita tau ya kalau negara kita Indonesia meruapakan negara yang berada diwilayah dengan iklim tropis. Sehingga, dengan begitu Indonesia tak memenuhi syarat untuk terjadinya hujan salju seperti di kutub dan wilayah dengan iklim subtropis.

Lalu ? apa syarat untuk terjadinya hujan salju ? jadi singkatnya, salju terbentuk dari air yang menguap dari permukaan tanah. uap air tersebut nantinya akan semakin banyak terkumpul menjadi banyak dan biasa kita lihat dan disebut sebagai awan. Mirip dengan proses hujan ya temen-temen.

Namun, yang membedakan dengan hujan, pembentukan salju akan tebentuk dengan suhu kurang dari 0 derajat celcius. Sehingga, uap air tersebut akan membeku dan menjadi Kristal es dan mulai turus kepermukaaan tanah dan berkumpul menajadi tumpukan salju seperti yang kita lihat.

Jadi, syarat untuk turunnya salju adalah, adanya suhu dibawah 0 derajat celcius. Sementara, diindonesia kita tidak punya suhu serendah itu ya temen-temen. Walaupun, banyak kejadian hujan es di negara kita ini. Namun hal tersebut bukan salju ya. Karena, salju terjadi karena pembekuan uap air, sementara hujan es terjadi karena adanya pembekuan air dalam wujud cair.

Hal tersebut terjadi karena uap air atau udara lembab bergerak hingga dibawah udara kering. Selanjutnuya, ada udara dingin dari pegunungan. Sehingga, terciptalah hujan es. Namun, kenjadian ini tentu tidak terjadi begitu sering ya.

Namun, puncak gunung di beberapa negara di wilayah tropis juga ada yang memiliki salju loh. Seperti gunung jaya wijaya di papua misalnya. Namun, salju tersebut tercipta bukan karena adanya hujan salju. Melainkan sisa-sisa dari zaman es ribuan tahun lalu. Salju tersebut bisa bertahan disana karena suhu disana sangat dingin. Namun tidak dibawah 0 derajat celcius. Selain itu, akibat pemanasan global. Es tersebut semakin berkuranga dan menyusut setiap tahun. Mungkin, lama kelamaan akan habis ya.

Nah, gimana ? sudah jelas kan kalo Indonesia tidak bisa menghasilkan salju ? namun, hal tersebut harus kita syukuri. Karena, jika hujan salju, mungkin akan banyak hewan yang tidak mampu beradaptasi dengan cuaca dingin dan akhirnya mati. Begitu pula dengan tumbuhan dan juga padi. Lalu ? mau makan apa kita ? hehe

Baik. Terimakasih sudah mebaca bahasan kami kali ini. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain ya. Semoga bahasan kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Tapi, jangan lupa share ya.  Agar temen kalian bisa tau dan juga tambah ilmu. Hehe Terimakasih temen-temen :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *