Penyebab kemunduran nokia


Sebelum populernya smartphone android, dahulu nokia sempat berjaya dan menjadi smartphone yang paling laris di pasar global. Namun itu semua kini hanya menjadi kisah masalalu. Beberapa faktor kemunduran menurut Wired.com diantaranya :

Lamban

Nokia dikenal sebagai pelopor smartphone dengan meluncurkan seri Symbian pada 2002. Tapi, tahun 2007 Apple memperkenalkan Iphone dengan sistem operasi IOS dan Google juga mulai merilis Android pada tahun 2008. Kedua sistem operasi tersebut lebih dinamis. dan  Symbian semakin terdesak. Nokia sangat lamban merespon pergerakan para kompetitornya ini.

Kurang inovasi

Samsung dan apple terus memperbarui kemampuan smartphone nya. Contoh nya seperti sektor kamera, perocessor, layar dan lain sebagainya. Sehingga membuat kualitas dari smartphone android dan apple kian naik. Sementara nokia tetap lamban dengan sistem operasi Symbian nya yang kurang dinamis.

Minim aplikasi pihak ketiga

Kurang berkembangnya aplikasi pihak ketiga juga membuat nokia kian terpuruk. Dimana android dan IOS sudah memiliki banyak aplikasi pihak ketiga di toko aplikasi mereka. Aplikasi pihak ketiga sangat penting untuk memudahkan pengguna dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak mengikuti kemauan pasar

Kebiasaan pasar yang sudah mulai menggunakan hape tidak hanya untuk menelfon dan sms saja tidak dapat di penuhi dengan baik oleh nokia. Namun, pada android dan IOS, pengguna dapat melakukan beberapa hal dengan lebih baik. Seperti ber internet dan bermedia sosial serta berfoto.

Setelah Microsoft mengakusisi Nokia tahun 2013, sebenarnya Microsoft berharap penjualan akan bangkit kembali. Namun, momentum emas sudah hilang. Nokia yang berganti sistem operasi menjadi Windows Phone tak mampu mengejar pesaingnya. Dimana aplikasi pihak ketiga di windows juga masih belum ramai seperti di android dan IOS. Sehingga pengguna tentu memilih yang lebih memudahkan. Seperti IOS dan android.

Nah, itulah beberapa sebab mengapa kemunduran nokia bisa terjadi menurut situs info-mnarik. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *