Penyebab cahaya matahari menjadi merah saat pagi dan sore.


Proses matahari terbit dan tenggelam merupakan sebuah fenomena yang sangat indah untuk kita nikmati sambal bersantai. Dimana langit dan matahari akan berubah menjadi warna jingga dan kemerahan. Namun, tahukah kalian mengapa hal itu bisa terjadi ?

Saat matahari terbit dan tenggelam, posisi matahari merupakan jarak paling jauh dari posisi kita. Dalam posisi itu, cahaya matahari melewati atmosfer bumi lebih tebal dari pada siang hari. Maka dari itu, warna cahaya dengan gelombang panjang saja yang akan sampai pada permukaan bumi.

Sekedar info, Warna cahaya matahari memiliki gelombang panjang dan gelombang pendek. Merah, Jingga dan Kuning merupakan warna dengan Gelombang Panjang. Sedangkan Hijau, Biru, Nila dan Ungu memiliki Gelombang Pendek.

Oleh karena itu, pada sore dan pagi hari, Merah, Jingga dan Kuning akan membias di atmosfer dan sampai ke penglihatan kita. Sementara warna dengan gelombang pendek (Hijau, Biru, Nila dan Ungu) tidak sampai ke penglihatan kita.

Nah, itulah sebab mengapa langit kita menjadi berwarna jingga dan kemerahan saat pagi dan sore hari tiba. Oke sekian dulu dan semoga bahasan kali ini bermanfaat ya. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *