Bagaimana kuliah S3 ?


Temen - temen mungkin sudah tidak asing lagi dengan kuliah S3. Namun, tentu tidak semua dari kita memiliki kesempatan atau niat untuk belajar hingga jenjang S3. Nah, bagi kalian yang belum pernah menempuh pendidikan hingga jenjang S3 tentu pernah berpikir bagaimana kegiatan kuliah dari jenjang S3 ini.

Nah, untuk menjawab rasa penasaran kalian tentang jenjang kuliah S3 ini, berikut tim info-MNarik akan mencoba untuk membahasnya secara sekilas dan tak mendalam ya. Dan tentu hanya dari pandangan umum saja ya temen - temen. Baik, berikut pembahasannya.

Seperti pada kuliah S1 dan S2, kuliah S3 juga ada pertemuan di dalam kelas. Namun tetap saja ada perbedaan yang membedakan kuliah S3 dengan jenjang sebelumnya. Nah, seperti apa perbedaan nya ? Untuk lebih jelasnya akan, daya jabarkan pada beberapa bagian di bawah ini.

Jumlah tahun kuliah (pada umumnya).

Pada kuliah S3, lama kuliah pada umum nya yaitu selama 3 tahun. Atau bisa dikatakan sebagai 6 semester. Namun, sama seperti jenjang S1 dan S2, jumlah belajar tersebut masih bisa bertambah atau lebih dari 3 tahun (6 semester). Hal tersebut bisa saja terjadi karena berbagai hal. Seperti lamanya penelitian dan juga faktor lain.

Gaya kuliah.

Bila kuliah S1 di penuhi dengan pertemuan di dalam kelas, maka berbeda dengan kuliah S3. Pertemuan masih ada. Tapi hanya pada awal - awal kuliah saja. Yaitu penyampaian mata kuliah yang di anggap penting dalam proses belajar kuliah S3 sesuai bidang dan universitas yang dipilih.

Dan selanjutnya, mahasiswa S3 akan mencari dan meneliti untuk menemukan masalah dan tentu saja solusi nya. Selain itu, mahasiswa S3 juga akan lebih banyak membaca jurnal - jurnal terdahulu mengenai bidangnya. Hal tersebut bertujuan untuk menemukan masalah itu sendiri. Yang mungkin saja masih ada pada penelitian orang lain.

Pengajar (Dosen / Guru).

Pernah terbayang tidak, siapa yang mengajar dan membimbing mahasiswa S3 atau calon doktor itu ? Nah jika tidak, maka selanjutnya kalian akan mengetahuinya. Jadi, yang berhak membimbing calon doktor atau mahasiswa S3 adalah guru besar yang sudah memiliki jabatan fungsional profesor atau yang sering di singkat sebagai pak prof.

Tugas akhir 

Nama tugas akhir dari calin doktor adalah disertasi. dimana pada dasarnya, disertasi merupakan pencarian masalah dan kemudian memberikan solusi pada masalah tersebut dengan pembuktian lebih mendalam dan juga bisa membuat theory building atau pembuatan teori. intinya, ada hal baru dalam penyelesaian masalah yang di temukan dalam bidangnya tersebut.

Nah itu dia temen - temen, sedikit gambaran mengenai kuliah dan apa saja yang di kerjakan mahasidwa S3 atau calon doktor. Jika, ada kesalahan mohon di koreksi ya temen - tenen. Dengan melalui kolom komentar atau laman kontak kami. Terimakasih sudah membaca. Ga bermanfaat. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *