Bagaimana baterai bisa menghasilkan listrik ?


Temen-temen tentu sudah tidak asing lagi dengan peralatan elektronik. Karena kehidupan kita seperti tidak bisa dipisahkan dengan benda elektronik. Karena banyak kegiatan yang kita lakukan berhubungan dengan benda elektronik. Seperti memasak, bekerja, hiburan, dan kegiatan lainnya.

Namun, beberapa alat elektronik masih menggunakan baterai untuk memudahkannya dibawa-bawa tanpa tercolok dengan jaringan litrik. Namun, pernahkah kita berpikir. Sebenarnya bagaimana cara baterai menghasilkan listrik ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui, jika  baterai tersusun atas beberapa bahan kimia. Walau mungkin berbeda, tapi biasanya memgandung bahan kimia seperti logam seng, pirolusit, garam salmiak, dan bahan-bahan kimia lain yang mungkin ditambahkan.

Karena didalam baterai terdiri dari bahan kimia, maka tentu listrik yang dihasilkan oleh reaksi kimia bahan-bahan tersebut. Listrik tersebut akan dialirkan melalui kutub-kutub baterai tersebut. Yaitu kutub postif (+) atau katoda dan kutub negatif (-) atau kutub anoda.

Bahan-bahan kimis tersebut tidak akan bereaksi jika tidak ada pemicunya. Pemicu nya adalah ketika kita menghubungkan kutup positif dan negatif dihubungkan. Seperti untuk menghidupkan senter, jam, remot, dan bahan-bahan elektronik lainnya.

Jadi, baterai yang tidak kita gunakan, maka bahan kimia didalam baterai tersebut tidak akan bereaksi. Sehingga. Isinya tidak akan habis. Namun, jika digunakan, maka bahan pereaksinya akan habis setelah kita gunakan dalam jangka waktu tertentu.

Reaksi kimia untuk menghasilkan listrik ini, memiliki zat sisa seperti air, gas amoniak, dan beberapa zat kimia lainnya. Zat-zat tersebut akan tetap ada didalam baterai. Namun, gas amoniak bisa saja menguap dari dalam baterai.

Kemudian, air juga bisa merembes keluar dari baterai. Itu juga yang membuat baterai terkadang sedikit basah di kutub-kutub baterai tersebut. Hal tersebut terjadi ketika baterai akan habis masa pakainya.

Nah gimana ? Sudah terjawab kan rasa penasaran kalian ? Baik, sampai disini dulu bahasan kami kali ini. Semoga apa yang telah kita bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Share juga ya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *