Apa perbedaan kuliah S2 dan S3 ?


Kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan jenjang kuliah S2 dan S3. Atau, kalian sedang menemupuh nya ? Nah, kedua jenjang ini memang sama - sama kuliah untuk mendapatkan gelar. Namun, tentu saja gelar yang di peroleh akan berbeda satu sama lain. Nah selain itu, pernahkah kalian berpikir, sebenarnya apa saja perbedaan antara kedua nya ? Nah, untuk menjawab hal itu, berikut tim info-MNarik akan mencoba untuk membahasnya.

Tentu sudah kita ketahui ya, jika jenjang S3 merupakan jenjang yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenjang S2. Artinya, untuk dapat melanjutkan pada jenjang S3, kita harus menyelsaikan jenjang S2 terlebih dahulu. Nah sudah jelaskan perbedaannya ? Namun, untuk lebih memperjelas perbedaan keduanya, berikut akan kami jelaskan dalam beberapa bagian.

Jumlah tahun kuliah atau belajar.

Pada umumnya, kuliah pada jenjang S3 akan memakan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya. Yaitu selama 3 tahun (6 semester). Sedangkan pada jenjang S2, kita hanya membutuhkan waktu selama 2 tahun (4 semester) saja. Dan saya tekankan lagi, jumlah tahun untuk kedua jenjang tadi adalah jumlah tahun yang dibutuhkan pada umumnya. Karena, bisa saja di tempuh dengan waktu yang lebih singkat atau juga bisa dengan waktu yang lebih lama. Tergantung pada semangat dan kesempatan mahasiswa yang menempuhnya.

Gelar yang akan di peroleh.

Karena jenjang keduanya berbeda, tentu saja jenjang S2 dan S3 juga berbeda. Pada jenjang S2, nantinya akan mendapatkan gelar magister. Dan biasanya, disingkat dengan huruf M. Yang kemudian di sambung dengan huruf yang menjadi simbol bidangnya. Contoh nya adalah M.Kom. Yang merupakan singkatan dari Magister Komputer. Sedakang untuk S3, biasanya akan mendapatkan gelar doktor dengan singkatan Dr. Di depan nama.

Tenaga pengajar.

Tenaga pengajar kedua jenjang tersebut tentu saja berbeda. Untuk jenjang S2, nantinya akan di ajar oleh seorang dosen lulusan S3 dengan gelar Doktor atau bahkan profesor sekalipun. Sedangkan untuk jenjang S3, nantinya akan diajar oleh seoranh profesor yang memang tingkatannya lebih tinggi di bandingkan doktor.

Tugas akhir.

Untuk lulus dari kedua jenjang tersebut seorang mahasiswa tentu harus menyelesaikan tugas akhir. Tugas akhir dari kedua jenjang tersebut memiliki nama yang berbeda dan begitu pula isinya. Untuk jenjang S2, nama tugas akhirnya adalah Tesis atau Thesis. Sedangkan untuk S3, nama tugas akhir nya adalah Disertasi. Pada Tesis, kita di tuntut untuk menemukan masalah dan menyesaikan dengan metode yang sudah di kembangkan dengan harapan mendapatkan hasil yang lebih baik. Sedangkan untuk disertasi, mahasiswa S3 dituntut untuk menemukan masalah dan menyelesaikannya dengan metode usulan baru dari dirinya sendiri.

Nah, itu dia temen - temen beberapa perbedaan antara jenjang S2 dan S3. Semoga apa yang sudah di bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Namun, apabila ada informasi yang keliru, mohom untuk diluruskan dalam kolom komentar yang ada dibawah ini atau melalui laman kontak kami.

Baik, terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini. Jangan lupa baca bahasan kami yanh lainnya. Dan jangan lupa share ke temen kalian. Agar mereka tau apa yang kalian tau. Baik terimakasih sekali lago :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *