Apa perbedaan kuliah S1 dan S3 ?


Temen - temen tentu sudah tidak asing lagi dengan jenjang kuliah S1 dan S3. Namun, kami yakin jika jenjang kuliah S1 lah yang paling familiar bagi kalian. Hal tersebut tidak mengherankan. Karena, jenjang S1 banyak yang menempuhnya. Begitu pula dengan ketersediaannya di berbagai instansi perguruan tinggi yang cukup banyak. hal ini berbeda dengan jenjang S3 yang lebih sedikit dibandingkan dengan jenjang S1.

Walupun berbeda, tetap saja keduanya merupakan jenjang kuliah. Namun, pernahkah kalian berpikir atau memiliki pertanyaan yang memang sedikit aneh. Yaitu mengenai apa perbedaan dari kedua jenjang (S1 dan S2) tersebut ? Nah untuk menjawab hal tersebut, berikut tim info-MNarik akan mencoba untuk membahasnya.

Jenjang S1 memang jelas ber beda ya dengan jenjang S2. Karena, jenjang S1 merupakan jenjang yang lebih rendah dibandingkan dengan jenjang S3. Oleh karena itu, untuk menempuh jenjang S3, kita di haruskan untuk menempuh jenjang S1, lalu S2 terlebih dahulu. Namun, untuk memberikan perbedaan yang lebih detail, berikut kami akan jelaskan perbedaannya dalam beberapa bagian dibawah ini.

Jumlah tahun kuliah.

Jenjang S1 dan S3 memiliki sedikit perbedaan dalam tahun tempuh nya. Pada jenjang S1, biasanya kita akan menempuh pendidikan selama 4 tahun (8 semester). Sedangkan pada jenjang S3, umumnya dapat ditempuh dalam waktu 3 tahun (6 Semester). Namun, perlu dicatat, jika waktu diatas adalah waktu tempuh pada umumnya. Karena, waktu teesebut bisa lebih cepat dan juga bisa lebih lambat. Hal tersebut biasanya bergantung pada kemauan, kerja keras dan juga keberentungan mahasiswa yang menempuhnya.

Gelar yang akan di peroleh.

Gelar yang akan di peroleh pada jenjang S1 nantinya akan mendapat gelar huruf S dan dilanjutkan huruf sesuai bidangnya. Contohnya adalah S.Kom. Untuk sarjan komputer, S.Pd. Untuk sarjana pendidikan dam seterusnya. Sedanhkan untuk jenjang S3, biasanya akan mendapatkan gelar Dr. di depan nama penyandang yang merupakan singkayan dari Doktor.

Tenaga pengajar.

Untuk jenjang S1, biasanya akan di ajar oleh seorang dosen dengan minimal lulus jenjang S2. Namun, bisa juga di ajar oleh dosen dengan lulusan S3 bahkan seorang profesor sekalipun. Namun, pada jenjang S3, nantinya akan khusus diajar oleh seorang profesor.

Gaya kuliah.

Pada jenjang S1, gaya kuliah sama seperti saat kita sekolah di SMA. Yaitu masuk dalam kelas dan mendapat penjelasan materi. Namun, jadwalnya sesuai mata kuliah dan tidak setiap hari seperti sekolah. Sedangkan pada jenjang S3, nantinya akan hanya sedikit mendapatkan materi. Karena, waktu tempuh kuliah akan di habiskan dalam kegiatan eksperimen dan penelitian.

Tugas akhir.

Pada jenjang S1, nama tugas akhirnya adalah Skripsi. Isinya adalah tentang masalah yang akan di atasi dengan metode usulan atau penerapan metode yang sudah ada. Sedangkan pada jenjang S3, nama tugas akhirnya Disertasi. Dimana isinya adalah penemuan masalah yang akan di coba untuk diselesaikan oleh caranya sendiri atau metode usulan dari dirinya.

Nah itu dia temen - temen bahasan kami kalia ini tentang perbedaan jenjang S1 dan S3. Semoga bahasan diatas dapat bermafaat bagi kita semua. Namun, apabila ada kekeliruan, mohon di benarkan pada kolom komentar dibawah ini. Atau bisa juga menggunakan laman kontak kami.

Baik, terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini. Jangan lupa baca bahasan kami yang lain nya. Dan jangan lupa share ketemen kalian agar mereka tau apa yang kalian tau. Baik, terimakasih sekali lahi :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *