Apa perbedaan kuliah D3 dan D4 ?


Temen - temen tentu sudah tidak asing lagi dengan jenjang kuliah D3 dan D4. Karena, di indonesia sendiri sudah banyak institusi pendidikan yang membuka program dengan jenjang D3 dan D4 tersebut. Namun, pernahkah kalian memiliki pertanyaan tentang keduanya ? Misalanya, tentang apa perbedaan antara jenjang D3 dan D4 ? Nah jika pernah, yuk simak pembahasan kami kali ini.

Perlu kalian ketahui, jenjang D3 dan D4 merupakan program studi yang lebih mementingkan praktek ketimbang teori, dengan tujuan dapat lebih menyiapkan mahasiswa dengan dunia kerja. Namun, karena keduanya adalah program studi yang berbeda, tentu saja ada perbedaannya. Untuk lebih jelasnya akan kami jelaskan dalam beberapa bagian di bawah ini.

Jumlah tahun kuliah.

Dari segi jumlah tahun atau lama kuliah secara umum, jenjang D3 dan D4 memang berbeda. Hal tersebut bisa kita lihat pada angka dibrlakang huruf D yang memang menandakan lama kuliah secara umum. Yaitu D3 harus menempuh belajar selama 3 tahun (6 semester). Begitu pula D4 yang akan memghabiskan masa belajar selama 4 tahun (8 semester). Namun perlu dicatat, jika jumlah tahun diatas bisa saja bertambah lebih lama apabila ada keterlambatan. Misal pengerjaan tugas akhir yang lebih lama.

Jumlah SKS yang harus ditempuh.

Karena jenjang D4 harus menempuh semester jumlah semester yang lebih banyak, maka tentu saja SKS yang harus di habiskan juga lebih banyak. Yaitu sebanyak 114-160 SKS. Sedangkan pada jenjang D3 hanya akan menghabiskan kurang lebih SKS sebanyak 112 SKS saja. Perlu dicatat, Jumlah SKS yang akan di habiskan biasanya berbeda - beda tiap institusi

Gelar yang diperoleh.

Gelar yang akan di peroleh kedua jenjang tentu akan berbeda satu sama lain. Pada jenjang D3 nantinya akan memperoleh gelar A.Md. Yang kemudian dilanjutkan dengan huruf sesuai jurusannya. Contohnya adalah A.Md.Keb. Yang meruokan kepanjangan dari Ahli Madya Kebidanan. Sedangkan pada jenjang D4 biasanya akan mendapatkan gelar S.S.T.  yang merupakan kepanjangan dari sarjana sains terapan. Selain itu, ada juga institusi yang memeberikan gelar S.Tr. Dan di kanjutkan dengan huruf sesuai jurusannya. Contohnya adalah S.Tr.Kes. Yang merupakan kepanjangan dari Sarjana Sains Terapan. Namun, gelar tadi bisa juga berubah seiring perkembangan keilmuan dan kebijakan.

Nah itu dia temen - temen beberapa perbedaan antara jenjang D3 dan D4. Apabila ada kekeliruan atau ada tambahan bisa di tambahkan atau di koreksi pada kolom komentar di bawah ini atau bisa juga melalui lama kontak kami yang sudah di sediakan.

Baik, terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lainnya. Bila berkenan share juga ya. Agar teman kalian bisa tau apa yanh kalian tau. Baik terimakasih sekali lagi :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *