Apa fungsi serat bagi tubuh manusia ?


Kita semua tentu pernah mendengar anjuran beberapa orang, baik langsung maupun melalui tulisan atau televisi untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan juga makanan yang berserat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Terutama pada pencernaan.

Namun, pernahkah kalian memiliki rasa penasran tentang anjuran tersebut ? Maksudnya  tentang makanan berserat tersebut. Ya, sebenarnya apa fungsi derat bagi tubuh kita ini ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui sebelumnya, serat merupakan bagian dari tanaman atau nabati yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Tumbuhan yang banyak mengandung serat dapat kita temukan pada gandum, kacang-kacangan, dan berbagai jenis buah dan sayur.

Serat ini dalam usus dapat melancarkan pencernaan dan tentu saja dalam proses sekresi (BAB). Karena, serat dapat mengikat air. Sehingga, tidak salah jika kita dianjurkan untuk memakan buah arau makanan kaya serat. Terutama saat susah BAB.

Perlu kita ketahui jika jenis serat bisa kita bagi menjadi 2 kelompok. Yaitu serat yang larut di dalam air dan serat yang tidak larut dalam air. Serat yang larut dalam air biasanya terdapat pada oat, kacang-kacangan, buah-buahan seperti apel, pisang, dan yang lainnya.

Sementara pada serat yang tak larut dalam air, biasanya terdapat pada gandum, beberapa jenis sayur seperti kangkung, kacang hijau,  bayam, kembang kol, dan masih banyak yang lainnya. Serat jenis ini berperan dalam memperlancar pencernaan dan miningkaykan masa feses.

Namun, selain memperlancar pencernaan, serat juga bisa membantu dalam proses diet. Karena, serat bisa membuat rasa kenyang lebih lama dibandingkan gula. Serat juga bisa mengontrol kadar gula dan menurunkan kolestrol loh temen-temen. Jadi, manfaat serat memang sangat baik untuk tubuh terutama pencernaan.

Setiap orang, disarankan untuk mengonsumsi serat sebanyak 25-30 gram per-harinya. Namun, kebutuhan tersebut sangat beraneka ragam tergantung kondisi dan umur seseorang. Sehingga, dianjurkan untuk konsultasi ke dokter terkait untuk ukuran yang lebih akurat.

Nah, itu dia temen-temen bahasan kami kali ini. Semoga apa yang telah kita bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan kami yang lain. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *