Mengapa ban tubless tidak langsung kempes saat tertusuk paku ?


Saat ban motor kita bocor, tentu membuat kita repot. Karena, kita di anjurkan untuk tidak menaikinya. Alhasil, kita harus mendorongnya menuju tukang tembel ban. Belum lagi harus nyari dengan jarak yang tidak dekat. Tentu membuat tenaga kita lekas terkuras habis. Namun, sekarang sudah ada jenis ban dengan nama ban tubeless.

Dengan menggunakan ban tubeless, maka saat tertusuk paku, ban biasanya tidak akan kehilangan angin dengan cepat. Sehingga, kita bisa mengendarai motor kita menuju tukang bengkel terdekat. Namun, pernahkah kalian memiliki rasa penasaran, mengapa hal tersebut bisa terjadi ? Nah, bagi kaliaj yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Seperti yanh kita ketahui, ban tubeless memang berbeda dengan ban pada umumnya yang menggunakan tube atau ban dalam. Ban tubeless tidak menggunakan ban dalam atau tube. Sehingga, kita tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli ban dalam.

Namun, ban tubeless juga memiliki kekurangan. Yaitu karena bahan ban tubeless yang dibuat lebih lunak. Sehingga, ban akan cepat aus dan kita lebih cepat mengganti nya dibandingkan dengan ban biasa yang menggunakan ban dalam atau tube.

Namun, sepeda motor keluaran baru dan orang-orang banyak yang mulai beralih menggunakan ban tubeless. Alasannya ya karenanbanyak kelebihannya. Salah satunya ya karena lebih tahan bocor. Maksudnya, ketika kena paku, maka ban tubeless tidak akan langsung kempes.

Hal tersebut dengan catatan paku harus tetap menancap pada ban. Sehingga tidak ada lubang untuk angin keluar. Ban tubeless yang memang lebih keras dibandingkan ban dalam, tentu tidak membuatnya mudah melar ketika kena paku.

Pada ban yang menggunakan ban dalam, saat paku menenmbus ban dalam, maka ban dalam akan cepat sobek dan lubang pun akan melar dan menciptakan lunbang yang lebih besar dibandingkan dengan paku. Sehingga, angin mudah keluar.

Sementara pada ban tubless, yang menampun angin adalah ban luar yang lebih keras dibandingkan dengan ban dalam. Sehingga, saat paku menusuk ban, lubang yang terbentuk tidak membesar dan pas dengan paku. Karena, ban tidak mudah melar. Sehingga, angin tidak kudah keluar dari dalam ban tubeless.

Nah itu dia temen-temen alasannya. Semoga apa yang sudah di jelaskan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *