Bagaimana bahasa terbentuk ?


Setiap harinya, kita pasti berkomunikasi menggunakan bahasa yang ada pada lingkungan kita. Dimana setiap lingkungan biasnya memiliki bahasa tersendiri. Kita selalu berbicara sesuai dan seperti apa yang orang-orang katakan. Lalu menyebut benda apapun seperti mereke menyebutnya.

Namun, terkait itu semua, pernahkah kalian berpikir, sebenarnya bagaimana bahasa kita ini terbentuk ? Dan mengapa ada banyak bahasa yamg berbeda di bumi kit ini ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui sebelumnya jika bahasa yang ada di bumi kita ini sekitar 7000 lebih bahasa. Mulai bahasa yang paling banyak dipakai, yaitu bahasa mandarin, lalu bahasa spanyol, bahasa prancis, dan bahasa inggris. Serta masih ada banyak lahi bahasa di bumi ini. Baik bahasa resmi suatu negara, maupun bahasa daerah di tiap negara. Seperti di indonesia. Ada bahasa madura, jawa, sunda dan bahasa lainnya.

Awal bahasa terbentuk memang menjadi suatu pertanyaan yang sangat menarik sekaligus susah untuk kita jawab. Namun, para ilmuan sepakat jika bahasa mulai terbentuk sejak 60.000 tahun sampai 100.000 tahun sebelum Masehi. Dimana lokasinya diyakini pada afrika sana

Pada awalnya, manusia hanya berbicara atau berkomunikasi dengan cara sederhana dan sangat terbatas. Seperti mengucapkan kata-kata alamiah seperti bayi dari mulut, menggunakan isyarat tangan, dan gestur tubuh lainnya. Seperti memperagakan sesuatu yang hendak kita sampaikan.

Kita semua pun setuju jika bahasa merupakan bagian dari kebudayaan didalam masyarakat. Dimana bahasa akan terus berkembang seiring jaman. Mulai terciptanya istilah baru seperti bahasa alay, percampuran bahasa dari negara lain, dan istilah-istilah lain yang membuat setiap.bahasa terus berkembang.

Nah, perkembangan tersebut juga yang dulu menjadi penyebab bahasa terbentuk. Dimana awalnya manusia mulai mengucapkan kata-kata sederhana, hingga menai suatu benda, makanan, hewan, dan menamai benda sesuai suaranya.

Lalu, lama kelamaan dan dalam waktu yang sangat lama, manusia mulai merangkai dua hingga beberapa kata untuk menghasilkan arti yang berbeda. Seperti makan dan ikan. Maka bisa digabung menjadi makan ikan. Begitupun seterus nya hingga manusia lama kelamaan mulai bisa berbicara.

Kemudian, bahasa yang ada di bumi kita ini, diyakini karena adamya isolasi tiap daerah yang membuat mereka tak saling bertemu hingga membuat istilah dan nama-nama benda susai lingkungan mereka. Hingga lama kelamaan tiap daerah akan memiliki bahasanya sendiri-sendiri. Jarak tersebut juga sangat berpengaruh dengan perbedaan dan kesamaan tentang suatu isitilah.

Maksudnya, semakin dekat daerah, maka beberapa isitilah biasanya akan memiliki kemiripan. Contohnya seperti bahasa indonesia dan bahasa melayu, bahasa jawa dan madura, dan yang lainnya. Dan semakin jauh jarak suatu tempat, tentu akan semakin berbeda. Contohmya seperti bahasa indonesia dan bahasa jerman. Tentu berbeda jauh bukan ?

Nah jadi, itu dia temen-temen bagaimana kira-kira bahasa bisa terbentuk dan penyebab ada banyak bahasa di dunia ini. Tentu saja bisa saja salah ya temen-temen. Baik semoga apa yang twlah kita bahasa diatas dapat bermanfaat baginkita semua. Jangam lupa share dan baca bahasan menarik kami yang lain ya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *