Mengapa banyak cina town atau pecinan di setiap kota dan dunia ?


Jika kita bepergian ke kota-kota yang ada di indonesia, mungkin kita sering melihat komplek bangunan yang bergaya cina. Mungkin hampir setiap kota yang ada di indonesia ini ada pecinan atsu cina town ini. Bahkan, dinegara lain pun ada juga loh hal yang demikian. Yaitu ada pecinan atau cina town ini.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, pernahkah kalian berpikir, mengapa orang cina dan komplek bangunan cina (pecinan/cina town) ada dimana-mana ? Sebenernya apa tujuan mereka ? Apakah mereka bertujuan untuk menguasai dunia ? Nah, bagi kalian yang penasaran yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui, penyebaran tersebut diawali oleh jalur sutra. Jalur sutra ini merupakan jalur perdagangan antar bangsa dan negara yang juga melewati negara cina. Seperti yang kita ketahui, orang cina sangat gemar berdagang. Oleh karenanya, sejak lama orang cina telah berdagang ke berbagai penjuru dunia melalui jalur sutra tersebut.

Namun, lama kelamaan, jalur sutra tidak hanya digunakan untuk berdangang. Jalur tersebut juga membuka hubungan politik, penyebaran agama, teknologi, ilmu pengetahuan, hubungan kehidupan bermasyarakat, dan yang lainnya. Sehingga, hubungan-hubungan tersebut juga membuat orang cina tinggal dan menetap di suatu daerah yang mereka jelajahi hingga membuat komunitas-komunitas atau kelompok kecil yang akhirnya, lama kelamaan menjadi komplek (pecinan/cina town).

Selain karena jalur sutra, perpindahan orang-orang cina juga di pengaruhi oleh pertumbuhan atau jumlah masyarakatnya yang memang padat banget. Bahkan memcapai 1/5 penduduk bumi loh. Sehingga, saking padatnya penduduk disana, membuat mereka terpaksa untuk pindah dan menetap di wilayah asing.

Kedatangan atau migrasi orang cina, hingga membentuk komplek pecinan atau cina town, memerlukan waktu yang tidak singkat. Hal tersebut mungkin terjadi lebih dari 100 tahun yang lalu. Namun, kita harus akui memang banyak orang cina yanh sukses ya temen-temen.

Nah, itu dia temen-temen bahasan kami kali ini. Jangan lupa baca bahasan kami yang lain ya. Baik terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini. Semoga bisa bermanfaat baginkita semua. Jangan lupa share ya. Terimakasih sekali lagi :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *