Mengapa telur dan tulang ayam dapat lunak setelah direndam ke dalam cuka ?


Sebagian dari kalian, mungkin pernah melakukan percobaan untuk merendam telur atau tulang ayam ke dalam cuka. Dimana telur atau tulang tersebut akan menjadi lunak. Dan mungkin sebagian dari kalian, hanya pernah mendengar saja jika telur dan tulang dapat menjadi lunak ketika di rendam kedalam air cuka.

Namun, pernah tidak kalian berpikir mengapa telur dan tulang ayam yang di rendam kedalam cuka dapat menjadi lunak ? Nah untuk itu tim info-MNarik akan membahasnya untuk kalian. Berikut pembahasannya.

Perlu kalian ketahui terlebih dahulu, jika penyusun dari tulang sebagian besar adalah kalsium. Hal terebut ridak jauh berbeda dengan tulang ayam dan cangkang telur. Sedangkan cuka, merupakan cairan yang bersifat korosif terhadap kalsium. Dimana kalsium akan larut jika di rendam kedalam air cuka.

Tulang dan cangkang telur ayam keras karena adanya kalsium ini. Sedangkan, kalsium ini akan larut di dalam air cuka. Sehingga, apa bila telur dan tulang ayam kita rendam, maka akan membuatnya menjadi lunak. Namun, hal tersebut membutuhkan waktu yang tidak singkat. Kira - kira butuh 1 sampai 2 hari perendaman. Baru pelunakan tulang dam cangkang akan terjadi.

Nah itu dia temen - temen penyebab mengapa telur dan tulang ayam menjadi lunak jika di rendam kedalam air cuka. Yaitu karena air cuka bersifat korosif dan membuat kalsium larut. Baik, terimakasih sudah membaca bahasan kami yang satu ini. Jangan lupa membaca bahasan kami yang lain. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *