apa benar MSG berbahaya bagi tubuh ?


Temen-temen tentu pernah dengerkan dengan yang namanya MSG ? Ya, salah satu jenis tambahan pada makanan ini digunakan untuk memberikan rasa gurih pada makanan.  MSG sendiri juga telah digunakan selama puluhan tahun untuk menyedapkan makanan. Namun, pernahkah kalian mendengar jika MSG ini berbahaya ?

Mengingat banyaknya makanan yang mengandung MSG ini beredar bebas dipasaran, sebenarnya, MSG ini berbahaya atau tidak bagi tubuh dan kesehatan kita ini ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui, MSG merupakan singkatan dari Mono Sodium Glutamat. Dulu, MSG dibuat dengan menggunakan penyedap rasa alami yang diperoleh dengan cara mengolah rumput laut. Namun, seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini, MSG dibuat dengan proses fermentasi industri pangan.

Sebenarnya, isu bahaya MSG ini telah ada sejak lama. Yaitu sejak tahun 1960 an lalu. Dimana saat itu badan keamanan pangan amerika (FDA) menerima banyak laporan keluhan setelah memakan makanan ber-MSG.  keluhan tersebut seperti sakit kepala, mual, mati rasa yang menjalar dari belakang leher hingga ke seluruh lengan dan punggung, dada sesak, keringat deras, jantung berdebar, dan tubuh lemas.

Laporan tersebut banyak diterima dari orang-orang setelah mengunjungi restoran cina. Dimana makanan cina memang terkenal akan kandungan MSG nya. Sehingga saat itu, muncullah istilah Chinese Restaurant Syndrome (CRS).

Pada tahun 2011, dilakukan penelitian dan MSG terbukti dapat menyebabkan obesitas. Tapi, orang yang menjadi objek peneliti ternyata memang tidak menerapkan gaya hidup sehat. Seperti merokok, kurang olahraga, dan makan makanan tinggi kalori dan lemak. Sementara peneliti tidak memasukkan fakto tersebut.

Sementara pada penelitian yang lebih modern membuktikan jika gejala Chinese Restorant Syndrom tersebut bukan berasal dari MSG. Melainkan dari bahan lain seperti udang, kacang, bumbu, dan rempah-rempah yang menjadi campuran makanan restoran cina.

Namun, terlepas dari berbagai laporan dan cerita tentang bahaya MSG, FDA, World Health Organization (WHO), Food and Agriculture Organization (FAO), dan juga Kementerian Kesehatan RI. Sepakat dan telah menyatakan MSG sebagai bahan makanan yang “aman digunakan secara umum” dengan label resmi GRAS.

Nah, itu dia temen-temen jawabannya. Gimana ? Semoga puas ya. Jangan lupa baca bahasan kami yang lain ya. Jangan lupa share dan terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *