Dari mana asal sumber mata air ?


Sumber mata air merupakan air yang keluar dari tanah dan tak pernah berhenti sepanjang waktu. Oleh karena itu, sumber mata air ini juga menjadi sumber penghidupan di berbagai daerah. Dan biasanya juga menjadi sumber sebuah sungai. Namun, tahukah kalian dari mana asal air dari mata air tersebut ? nah berikut tim info-mnarik akan membahasnya untuk kalian.

Hujan merupakan air yang turun dari karena adanya penguapan yang menjadi awan dan akan turun ketika beberapa syarat terpenuhi. Hujan tersebut juga sering terjadi di berbagai daerah dan tidak terkecuali gunung dan dataran tinggi. Air hujan tersebut biasanya akan menyerap kedalam tanah. Namun sebagian akan diserap oleh tanaman dan ada juga yang menguap kembali.

Air yang tersimpan di dalam tanah akan terus masuk memasuki celah batu-batuan dan menampung air tersebut. Dan menjadi zona air dibawah tanah. Dimana permukaan air ini dinamakan atap air. Sumber mata air merupakan lubang dimana air tanah tersebut keluar dari dalam tanah. Sumber mata air ini biasanya berada di tempat-tempat yang lebih rendah seperti lembah.

Oleh karena itu, air tanah yang berada di ketinggian akan keluar dari sumber mata air. Yang biasanya berada di tempat yang lebih rendah. Air didalam tanah tentu sangat besar jumlahnya. Hal tersebut lah yang membuat air tak kunjung berhenti meski musim kemarau.

Nah itu dia temen-temen bahasan mengenai asal air dari sumber mata air ini. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *