Apa yang menyebabkan gunung meletus ?


Gunung merupakan dataran tanah yang menjulang tinggi. Bahkan, gunung bisa mencapai ribuan meter tingginya. Di Indonesia sendiri terdapat ratusan gunung. Dan sudah kita ketahui, jika gunung yang masih aktif dapat meletus. Dan pernahkah kalian berpikir, mengapa gunung bisa meletus ?  nah berikut, tim info-mnarik akan merangkumnya untuk kalian.

Gunung terdiri dari beberapa bagian didalamnya. Dan ada sebuah bagian yang bernama dapur magma yang merupakan tempat magma yang sangat besar. Nah, penambahan volume di dapur magma ini akan menyembabkan lava keluar dari dapur magma menuju puncak gunung. Dan terjadilah letusan.

Selanjutnya adanya pengkristalan magma di dinding dapur magma. Kemudian Kristal tersebut jatuh atau runtuh. Hal tersebut membuat volume magma berubah secara signifikan dan membuat magma harus di keluarkan. Dan terjadilah letusan gunung berapi.

Nah itulah dia beberapa sebab meletusnya gunung berapi yang dapat mengakibatkan beberapa bencana lain ini. Oke, sampai disini dulu. Semoga bahasan diatas dapat bermanfaat. terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *