Sungai Terpanjang di Indonesia



Sungai merupakan  aliran air yang memanjang dari sumber air yang berada ditempat yang lebih tinggi seperti pegunungan menuju tempat yang lebih rendah dan berakhir pada lautan. Sungai mengalir melewati beberapa daerah. Sehingga tidak heran jika sungai menjadi salah satu sumber kehidupan bagi mahluk hidup. Sungai juga mampu membuat jalur sepanjang ratusan kilometer. Oleh karena itu, tim info-MNarik merangkum beberapa sungai terpanjang di negeri kita ini.

Sungai Kapuas


Sungai Kapuas berada di pulau Kalimantan. Lebih tepat nya di Kalimantan Barat, panjangnya mencapai 1.143 kilometer. Air yang ada di sungai ini berasal dari sumber mata air di Pegunungan Muller dan berakhir di Selat Karimata. Sungai ini banyak melewati daerah di pulau Kalimantan. Oleh karena itu, Sungai ini dijadikan jalur transportasi air oleh masyarakat setempat. Diketahui, Suku Dayak dan Melayu banyak yang tinggal di sekitar Sungai Kapuas untuk bertahan hidup.

Sungai Mahakam


Sungai ini juga berada di pulau Kalimantan. Namun, sungai ini melewati sejumlah kawasan di Kalimantan timu. Sungai ini memiliki panjang sekitar 920 kilometer. Ujung dari Sungai Mahakam ada di Selat Makasar. Dimana air dari sungai ini juga berasal dari pegunungan Muller. Sama seperti sungai Kapuas, aliran Sungai Mahakam dimanfaatkan untuk jalur transportasi dan irigasi oleh masyarakat setempat.

Sungai Barito


Masih berada di pulau Kalimantan. Sungai Barito mengalir dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Selatan. Sungai ini berasar dari mata air yang berada dipegunungan Schwaner yang berada di Kalimantan tengah dan berakhir dilaut jawa yang berada di sisi Kalimantan selatan. Panjang sungai ini mencapai 909 kilometer. Dan yang menarik, di Sungai Barito ada pasar apung yang sudah terkenal sejak lama. Yaitu, masyarakat sekitar melakukan jual beli di atas perahu pada sungai barito ini.

Sungai Batanghari


Sungai Batanghari ada di Kabupaten Solok, Sumatera Barat dan mengalir hingga ke Jambi. Panjang sungai ini mencapai 800 kilometer. Air yang ada di sungai ini berasal dari mata air yang ada di Gunung Rasan dan berakhir di jambi. Tepatnya di selat malaka.

Sungai Musi


Sungai musi memiliki panjang 750 kilometer. Sungai  ini ada di Sumatera Selatan. Yang unik dari sungai ini, membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Dan untuk menghubungkan Palembang kembali, dibangun Jembatan Ampera yang merupakan ikon kota palembang. Sama seperti di Kalimantan, sungai ini juga dijadikan jalur transportasi oleh masyarakat di sekitarnya. Sumber air dari sungai ini berasal dari Pegunungan bukit barisan dan akan berakhir di selat Bangka atau laut China selatan.

Nah itu dia temen-temen sungai terpanjang yang ada di negeri Indonesia kita yang kaya ini. Semoga apa yang sudah kami bahas diatas dapat memberikan ilmu dan wawasan baru. Terimakasih sudah membaca temen-temen :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *