Mengapa Thailand tidak pernah dijajah Bangsa Eropa ?


Saat kita sekolah, tentu kita pernah mendapatkan pelajaran tentang Pendidikan Kewarganegaraan atau yang sering kita sebut sebagai PKN. Mata pelajaran tersebut memang diwajibkan bagi pendidikan di indonesia. Sehingga, kita akan mendapatkannya sejak SD, SMP, SMA, bahkan masuk ke salah satu Mata Kuliah Umum di Perguruan Tinggi.

Salah satu pelajaran yang kita dapatkam dari mata pelajaran PKN adalah tentang penjajahan. Dimana negara kita pernah dijajah oleh bangsa eropa dan juga jepang. Namun, pernahkah kita mendengar jika negara Thailand tidak pernah dijajah ?

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, pernahkah kita berpikir atau penasaran. Sebenarnya, mengapa Thailand tidak pernah dijajah ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa Thailand tidak pernah dijajah bangsa eropa. Nah, alasan-alasan tersebut akan kami jelaskan dalam beberapa bagian dibawah ini.

Berhasil melakukan diplomasi dengan pihak prancis dan inggris.
Di abad ke-19, Kerajaan Siam sadar bahwa negaranya berada di posisi yang sulit. karena Thailand kala itu berada diantara negara jajahan Perancis dan jajahan Inggris. Tepat nya, Inggris di utara dan selatan, Prancis di Indocina dan Belanda di Hindia Belanda. Hal tersebut membuat Thailand disebut dengan istilah buffer state.

Hal tersebut juga membuat raja Siam Rama V berhasil melaklukan diplomasi dengan pihak Perancis dan Inggris. Selain itu, Raja Siam Rama V berhasil mengadopsi teknologi dan kebiasaan Eropa. Hal tersebut ditujukan untuk melindungi kekuasaan Thailand.

Raja thailand bersifat terbuka terhadap dunia luar pada masa itu.
Saat itu, Orang-orang di Thailand sudah ada yang berpendidikan. Terutama keluarga kerajaan. Anak-anak raja, keluarga raja di kirimkan keluar negeri terutama eropa untukbmenuntut ilmu. bahkan, Thailand juga mendatangkan guru dari eropa ke kerajaan untuk mengajarkan ilmu pengetahuan. Sehingga saat itu, setidaknya ada orang berpendidikan saat itu.

Tidak memiliki tanah yang subur seperti kebanyakan negara asia tenggara yang lain.
Salah satu alasan kuat mengapa Thailand tidak dijajah oleh bangsa eropa adalah Thailand tidak memiliki tanah sesubur indonesia dan negara asia tenggara yang lain. sehingga, eropa seakan malas untuk menjajahnya. karena tidak ada rempah yang menghasilkan untuk diangkut ke negaranya. karena memang, pedoman bangsa eropa kala itu ialah 3G. yaitu Glory atau kejayaan, Gold atau kekayaan, dan Gospel atau penyebaran keagamaan.

seperti yang kita ketahui, Belanda kala itu mengambil hasil rempah-rempah di indonesia yang diangkut kenegaranya. hal tersebut karena rempah dianggap sangat berharga pada saat itu. sementara Thailand tidak memiliki tanah sesubur indonesia dan negara asia tenggara lainnya. sehingga, bangsa eropa tentu tidak mendapatkan Gold yang menjadi salah satu semboyan mereka apabila menjajah Thailand.

nah, gimana ? sudah jelas ya mengapa Thailand tidak pernah dijajah bangsa eropa. baik, semoga bahasan kami diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. share juga ya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *