Apa fungsi bulu-bulu pada ban baru ?


Kalian tentu punya kendaraan ya. Baik sepede, sepeda motor, atau mobil. Jika kalian tidak punya, minimal kalian tentu pernah melihatnya lah ya. Dimana pada kendaraan, ban merupakan bagian yang sangat penting. Karena tanpa ban, kendaraan tentu tak akan bergerak sebagaimana mestinya.

Namun bila kita pernah memperhatikan, Ban yang masih baru biasanya terdapat beberapa karet seperti lidi yang menempel pada ban. Hal tersebut seakan sama dan sering disebut bulu ban. Terlepas dari penamaannya, pernahkah kita berpikir atau penasaran tentang apa fungsi dari bulu-bulu ban tersebut ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kita sadari, bulu-bulu ban tersebut nantinya akan hilang dengan sendirinya seiiring dengan pemakaian ban tersebut. Bulu ban tersebut juga bisa menjadi indikator jika Ban tersebut benar-benar baru atau pernah digunakan sebelumnya.

Walau begitu, bulu-bulu pada ban tersebut tidak ada fungsinya sama sekali. Jadi, walau kita cabut sampai habis pun tidak akan berpengaruh pada kemampuan dan daya cengkram ban itu sendiri. Karena biasanya, daya cengkram dihasilkan oleh guratan-guratan ban yang jika sudah memudar dan halus, menandakan ban sudah hsrus diganti.

Lalu, jika tidak ada fungsinya, buat apa bulu-bulu tersebut dibuat ? Jadi sebenarnya, bulu-bulu ban tersebut terbentuk secara tidak sengaja. Namun karena adanya lubang-lubang kecil saat proses pencetakan ban tersebut.

Jadi singkatnya, ban dicetak untuk mendapatkan bentuk dan guratan yang diinginkan. Nah, untuk membuang udara-udara yang terperangkap dianta cetakan dan karet bahan ban, maka cetakan dibuat berlubang dengan ukuran yang kecil.

Nah, ketika udara diantara cetakan dan ban tersebut habis, maka bahan karet yang membentuk ban akan ikut masuk kedalam lubang kecil pembuang udara tersebut. Nah, setelah mengeras, maka jadilah bulu-bulu ban seperti yang kita lihat pada ban-ban baru.

Nah, gimana ? Jadi bulu-bulu ban tersebut tidak ada fungsinya ya. Baik, semoga bahasan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Share juga ya temen-temen. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *