Dari mana sumber cahaya kunang-kunang ?


Saat malam hari, temen-temen tentu pernah melihat cahaya kecil berkedip-kedip dan berterbangan. Terutama bagi kalian yang ada di pedesaan. Dan cahaya tersebut berasal dari hewan kecil bersayap yang mirip dengan nyamuk. Ya, hewan tersebut adalah kunang-kunang.

Walaupun sekarang sudah jarang, namun kita sempat tau ya. Namun berkaitan dengan cahaya tersebut, pernahkah kita berpikir sebenarnya dari mana cahaya itu berasal ? Bukannya lampu butuh listrik ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui, kunang-kunang juga mahluk hidup seperti kita. kunang-kunang tergolong dalam jenis serangga. Sama seperti nyamuk. Dan tentu saja ya, cahaya yang dihasilkan kunang-kunang bukan berasal dari lampu ya temen-temen. Hehe

Karena sebenarnya, kunang-kunang dapat menghasilkan cahaya karena adanya reaksi kimia. Adanya cahaya pada kunang-kunang ini disebut sebagai peristiwa Bioluminensi atau bioluminescence.

Zat-zat kimia yang ada pada kunang-kunang tersebut meliputi oksigen, kalsium, magnesium, dan zat kimia alami yang bernama luciferin.
Ketika zat-zat tersebut bereaksi, maka hewan dengan nama latin Photinus pyralis ini, akan menghasilkan cahaya.

Cahaya kunang-kunang juga berkedip-kedip yang katanya, dikendalikan oleh sistem syaraf, organ photocytes, dan organ-organ lainnya. Selain itu, cahaya yang dihasilkan oleh kunang-kunang ini merupakan cahaya dingin. Hal ini berbeda dengan lampu yang menghasilkan panas. Hal tersebut karena reaksi nya sangat efisien dan tidak berubah menjadi panas. Karena hampir semua reaksi menjadi cahaya.

Cahaya pada kunang-kunang juga dapat dihasilkan dengan adanya oksigen. Kunang-kunang ternyata juga tidak memiliki paru-paru loh. Tapi dia juga bernafas dengan organ lain yang bernama tracheoles.

Kunang-kunang juga memiliki banyak jenis dan diperkirakan hampir 2000. Cahaya kunang-kunang ini berguna untuk menarik lawan jenisnya. Namun, ada juga yang mempergunakannya untuk menarik kunang-kunang lain untuk dimangsa. Karena ternyata, mereka memiliki sifat kanibal.

Baik, semoga info-info terkait kunang-kunang diatas dapat bermanfaat nagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain, dan share juga ya temen-temen. Terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *