Apakah awan lurus memanjang diangkasa adalah asap jet ? (jejak kondensasi/condensation trail).


Saat siang hari, mungkin kita akan sering melihat asap atau awan lurus dan memanjang di langit yang cerah. Biasanya, awan tersebut dihasilkan oleh benda bergerak dengan ketinggian ribuan meter. Dan mungkin kita akan mengira jika benda tersebut adalah jet atau pesawat ulang alik yang akan pergi ke ruang angkasa.

Namun, pernahkah kita berpikir atau penasaran. Apa benar asap atau awan memanjang tersebut benar terjadi karena asap yang dihasilkan jet atau pesawar ulang alik yang akan pergi ke ruang angkasa ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui sebelumnya, garis asap atau awan lurus yang membentang dan dihasilkan oleh benda bergerak yang mirip roket tersebut, ternyata bukan roket. Ya, bukan roket. Melainkan pesawat terbang penumpang komersial biasa yang sering kita lihat namun. Karena pesawat tersebut terbang dengan ketinggian lebih dari 8000 meter, maka pesawat akan tampak kecil dan tidak jelas bila kita lihat dari atas tanah.

Lalu, bagaimana pesawat bisa menghasilkan awan lurus atau yang sering disebut sebagai condensation trail dan jejak kondensasi ini ? Jadi singkatnya, semakin tinggi pesawat terbang, maka suhu di udara di luar pesawat akan semakin dingin. Ini memang sifat atmosfer kita temen-temen.

Nah, sementara itu, pesawat akan memgeluarkan gas dan uap air dengan suhu panas. Nah, karena suhu disana sangat dingin, maka uap air tersebut akan terkondensasi atau mengembun. Namun hasil pengembunan tidak bergerak kemana-mana.  sehingga akan tampak seperti awan memanjang bila kita lihat dari atas tanah.

Nah, Jejak kondensasi atau condensation trail ini dapat terlihat dalam waktu beberapa detik atau menit, atau bahkan berjam-jam, bergantung pada kondisi atmosfer bumi kita ya temen temen.

Jadi, jangan sampai salah mengira lagi ya temen-temen terkait awan atau asap memanjang yang dihasilkan oleh benda bergerak tersebut. Itu hanya pesawat biasa dan bukan roket seperti yang kita lihat di televisi dan film.

Baik, sampai disini duku bahasan kami kali ini. Semoga apa yang telah kita bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Share juga ya temen-temen. Terimakasih sudah membaca bahasan kali ini :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *