Mengapa makanan banyak yang dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan ?


Tentu kita setuju ya temen-temen jika daerah-daerah diindonesia dan juga daerah dari penjuru negara memiliki makanan khasnya masing-masing. Jenis makanan ini biasanya berbeda-beda dan banyak faktor yang mempengaruhinya. Seperti letak geografis, kebiasaan, dan faktor-faktor lainnya.

Namun kita juga jauh lebih setuju jika kebanyakan makanan yang akan di konsumsi biasanya dimasak terlebih dahulu. Memang tidak semua makanan dimasak. Seperti shusi dan sashimi dikonsumsi dalam keadaan mentah. Tapi, kebanyakan dimasak terlebih dahulu ya.

Namun dari hal tersebut, pernahkah kalian berpikir atau memiliki rasa penasaran. Sebenarnya, mengapa kita perlu memasak makanan kita terlebih dahulu ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Sebenarnya ada beberapa alasan yang membuat kita harus memasak makanan terlebih dahulu. Nah agar lebih rapi, maka berikut akan kami jelaskan alasan-alasan mengapa makanan harus dimasak dahulu sebelum dikonsumsi menurut rangkuman info-MNarik.

Makanan dimasak untuk membunuh bakteri dan virus yang ada pada bahan makanan.
Perlu kalian ketahui, bakteri dan virus banyak bertebaran dilingkungan kita. Tidak terkecuali dengan bahan makanan yang akan kita konsumsi. Nah, agar parasit, bakteri, dan virus yang menempel pada makanan tersebut biasanya akan hilang jika kita panaskan dengan suhu tertentu. Caranya ya dengan cara dimasak.

Makanan dimasak agar lebih enak dan membuat bumbu meresap.

Seperti yang kita ketahui, makanan khas negara kita biasanya kaya akan rempah dan bumbu untuk menghasilkan rasa masakan yang enak dan disukai banyak orang. Nah dengan dimasak, bumbu dapat meresap pada bahan makanan dan membuat bahan makanan tersebut kaya akan rasa.

Memasak makanan membuat teksturnya lebih lembut dan mudah kita konsumsi.

Memasak bahan makanan juga bisa membuat bahan makanan keras dan susah untuk dikonsumsi menjadi gampang kita kunyah. Seperti beras yang menjadi nasi, bubur, dan lontong. Ada juga daging yang sulit di gigit, ketika dimasak dengan benar maka akan menjadi sangat lembut.

Memasak makanan merupakan kebiasaan yang diajarkan secara turun temurun.

Tidak bisa kita pungkiri, memasak makanan juga menjadi sebuah budaya yang didapat secara turun temurun. Hal tersebut dibuktikan dengan beraneka ragamnya cara memasak kuno. Seperti dibakar, menggunakan batu panas, menggunakan bambu, dan cara-cara lain.

Sashimi dan shusi juga merupakan salah satu contoh cara mengkonsumsi makanan di negara jepang. Makanan tersebut memang tidak dimasak. Namun, diolah dengan sedemikian rupa agar enak dan steril dari bakteri, virus, dan parasit lain. Seperti dengan menambahkan perasan jeruk, dan cara lainnya.

Nah gimana ? Sudah jelas kan mengapa makanan yang akan kita konsumsi harus dimasak terlebih dahulu. Baik, terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Share juga ya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *