Apa perbedaan gerhana bulan dan bulan separuh atau sabit ?


Temen-temen tentu sudah tau ya tentang gerhana bulan. Yaitu suatu keadaan disaat cahaya matahari menuju bulan dihalangi oleh matahari. Hal tersebut terjadi karena matahari, bumi, dan bulan berada dalam satu garis lurus. Dimana bumi ada ditengah keduanya yang membuat cahaya matahari terhalang oleh bumi. Sehingga bulan tidak dapat menerima cahaya matahari karena terhalang bumi.

Namun, pernahkah kalian bingung atau penasaran. Sebenarnya, apa bedanya gerhana bulan dengan bulan separuh dan juga bulan sabit. Sebenarnya, mengapa bulan tersebut hanya separuh saja yang bersinar ? Apa yang menghalangi sinar matahari pada sisi sebelah bulan yang gelap tersebut ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Seperti yang kita ketahui, gerhana bulan merupakan keadaan dimana matahari, bumi, dan bulan berada dalam satu garis lurus. Dimana bumi berada di tengah keduanya. Sehingga bumi menghalangi cahaya matahari menuju bulan. Namun, walaupun terhalang oleh bumi, bulan masih bisa terlihat.

Namun biasanya, bulan akan tampak lebih gelap. Seperti berwarna jingga, merah tembaga, bahkan coklat. Hal tersebut terjadi, karena masih ada cahaya matahari yang dibelokkan oleh atmosfer bumi. Namun, cahaya yang dibelokkan hanya cahaya dengan spektrum cahaya merah.

Hal tersebut berbeda dengan bulan separuh dan juga bulan sabit. Dimana pada sisi sebelah memang bersinar terang dan sisi sebelahnya memang benar-benar gelap tanpa cahaya. Hal tersebut terjadi karena memang yang kita lihat tersebut adalah wilayah bulan yang tidak terkena  sinar matahari. Hal tersebut sama seperti bumi yang mengalami sisi malam hari.

Jadi, sisi gelap bulan tersebut sebenarnya bukan bayangan bumi dan tentu saja bukan gerhana bulan. Sisi gelap tersebut merupakan sisi yang tidak terkena sinar matahari seperti halnya bumi yang mengalami malam hari. Nah, Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan cari tau lebih lanjut tentang fase bulan ya temen-temen.

Nah gimana ? Sudah jelas dan sudah tau ya apa perbedaan keduanya ? Baik, sampai disini dulu bahasan kami kali ini ya. Semoga bahasan diatas dapat beemanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Share juga ya temen-temen. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *