Mengapa parfum dingin saat terkena kulit ?


Parfum merupakan barang yang hampir wajib bagi semua orang. Karena, parfum dapat membuat kita terhindar dari bau tidak enak akibat keringat atau bau-bau lainnya. Walaupun, jenis parfum dan bau nya sangat berneka ragam dan mungkin tidak semua orang menyukai jenis parfum yang kalian pilih. Namun setidaknya, kalian terhindar dari bau badan akibat aktivitas kita ya.

Tapi bila kita berbicara soal parfum, pernahkah kalian menyemprotkannya pada tubuh kalian ? Atau tidak sengaja terkena kulit kalian ? Nah, saat itu terjadi, mungkin kita akan merasakan sensasi dingin ya temen-temen. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, pernahkah kita bertanya-tanya dan penasaran. Sebenarnya apa dan mengapa parfum terasa dingin saat tersentuh kulit ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui, ada beberapa jenis parfum yang bisa kita temukan dipasaran. Yang membedakan jenis tersebut adalah kadar minyak parfum atau zat yang memberikan bau wanginya. Yang tentu saja efeknya pada ketahanan parfum tersebut saat kita pakai.

Jenis parfum tersebut adalah Extrait de Parfum yang memiliki kadar minyak parfum sebesar 20-30%. Kemudian ada Eau de parfum yang terdiri dari 15-20% minyak parfum, Eau de Toilette sebesar 5-15% minyak parfum, Eau de Cologne memiliki 4-5% kadar minyak parfum, dan Eau fraiche yang memiliki minyak parfum 1-3% saja.

Nah, selain minyak parfum yang memberikan bau wangi, ada kandungan atau pencampuran alkohol juga didalam parfum. Sehingga membuat kuantitasnya lebih banyak. Selain itu, alkohol juga berfungsi membuat parfum lebih mudah menyebar dan mudah tercium. Hal tersebut dikarenakan alkohol dapat dengan mudah menguap yang tentu saja dapa membuat minyak parfum tersebar dan tercium.

Nah, kandungan alkohol inilah yang bertanggung jawab atas sensasi dingin saat parfum menyentuh kulit kita. Nah, kita tau kan kalo alkohol itu dingin di kulit ? Jika tidak percaya, coba kalian beli alkohol murni di apotek. Coba sentuh pada kulit. Harusnya akan terasa dingin ya.

Lalu mengapa alkohol dingin di kulit kita ? Nah, hal tersebut berkaitan dengan sifat alkohol yang mudah menguap pada suhu ruang. Sehingga, alkohol menyerap kalor atau panas pada kulit kita. Jika kalor tidak ada, tentu membuat kulit kita terasa dingin temen-temen.

Nah gimana ? Sudah jelas ya temen-temen. Baik, sampai disini dulu bahasan kami kali ini. Semoga bahasan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan kami yang lain ya. Share juga ya temen-temen. Terimakasih:)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *