Mengapa tumbuhan ada yang berbunga dan tidak ? (cara tumbuhan berkembang biak)


Tentu kita tau ya temen-temen mengenai tumbuhan di sekitar kita. Ada yang berbunga indah, berbuah, dan ada pula yang tidak. Namun, walaupun tidak berbunga dan berbuah, bukan berarti tumbuhan tersebut tidak bermanfaat ya temen-temen. Karena, masih ada bagian lain. Seperti batang dan juga daunnya.

Namun, bila kita perhatikan, tumbuhan ada yang berbunga dan ada juga yang tidak. Seperti yang sudah dikatakan diatas. Namun, pernahkah kalian berpikir, mengapa tumbuhan ada yang berbungan dan tidak ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kita ketahui, bunga pada tumbuhan memiliki fungsi sebagai alat perkembangbikan. Karena, pada bunga terdapat alat kelamin jantan dan juga betina. Alat kelamin jantan pada bunga biasa disebut benang sari. Sementara alat kelamin jantan biasa desebut sebagai putik.

Saat bunga sudah siap membuahi, biasanya akan terjadi penyerbukan. Yaitu proses berpindahnya serbuk sari dari benang sari menuju putik. Proses ini biasanya dibantu oleh angin, serangga, hewan, dan juga manusia. Saat penyerbukan terjadi, maka saat itulah tembuhan kawin dan menghasilkan biji. Dimana kita tau, biji berguna untuk anakan baru.

Nah jadi, tumbuhan berbunga untuk berkembang biak (generatif). Sementara tumbuhan yang tidak berbunga, memiliki cara berkembang biak yang berbeda. Nah, itulah yang menyebabkan beberapa tumbuhan tidak menghasilkan bunga. Karena, mereka punya cara berkembang biaknya sendiri.

Cara berkembang biak tanpa bunga disebut vegetatif. Caranya pun ada banyak. Seperti yang ada di bawah ini.

Akar tinggal.



Akar tinggal merupakan tumbuhan yang memiliki batang didalam tanah. Jadi, ketika kita mencabut tanaman utama, biasanya batang masih akan tertinggal didalam tanah dan akan membentuk tanaman baru. Begitu pula ketika ia berkembang biak. Batang tanaman tersebut akan menjalar atau menetap ditanah untuk membuat tanaman baru. Contoh tananmannya seperti ilalang, lengkuas, jahe, bunga tasbih, kunyit, dan temulawak.

Tunas.


Tunas biasanua muncul disamping tumbuhan indukan. Selain, muncul dari akar, tunas juga bisa muncul dari bagian lain. Seperti daun pada cocor bebek. Sedangakan pada batang, ada pohon pisang. Pada akar ada juga bambu.

Geragih.


Pada jenis perkembang biakan ini, biasanya tumbuhan akan memiliki batang yang menjalar. Saat batang tersebut menyentuh tanah, batang akan memiliki akar dan membentuk tanaman baru.

Umbi lapis.


Umbi lapis ini biasanya terjadi pada bawang. Dimana tunas baru akan muncul dari sela-sela lapisan bawang.

Umbi batang.


Perkembang biakan ini awalanya tumbuhan akan membentuk cadangan makanan yang menggelembung didalam tanah yang disebut umbi. Nah, pada umbi ini nantinya akan tumbuh tunas dan terbentuk tanaman baru. Umbi disini merupakan cadangan makanan bagi anakannya.

Spora.


Spora bisa dikatakan mirip dengan biji. Spora ini biasanya ada pada kotak spora. Namun, spora tidak dihasilkan dari perkawinan seperti yang terjadi pada proses pembentukan biji. Saat kotak spora pecah, maka spora akan beterbangan. Dan saat jatuh di tempat lembab, maka akan tercipta tumbuhan baru.

Nah itu dia temen-temen penyebab tumbuhan ada yang tidak berbunga. Karena memang cara berkembamg biaknya berbeda. Baik terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *