Mengapa bentuk bumi itu bulat ?


Sejak kecil, kita memang ajarkan tentang bumi yang bulat. Walaupun tidak bulat sempurna, tapu tetap saja bulat. Ya, walaupun ada juga isu tentang bumi datar. Namun, sains dan ilmuan percaya jika bentuk bumi itu bulat ya temen-temen.

Nah, berkaitan dengan bentuk bumi yang bulat, pernahkah kalian penasaran, sebenarnya, mengapa bentuk kita bumi kita ini bisa bulat ? Mengapa tidak kotak atau datar seperti isu tersebut ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Singkatnya, penyebab bumi berbentuk bulat adalah gaya gravitasi yang terdapat pada bumi. Karena sebenarnya, bumi terbentuk karena adanya gaya gravitasi yang menarik debu dan juga gas sejak 4.5 miliar tahun yang lalu setelah ledakan besar yang di percaya sebagai awal mula terbentuknya alam semesta.

Seiring berjalannya waktu yang cukup lama, akhirnya bumi terbentuk menjadi sebuah planet yang solid dan bisa kita tempati. Namun, apa hubungannya gaya gravitasi dengan bentuk bumi yang bulat ? Baik, berikut akan sedikit kami jelaskan.

Bentuk bulat merupakan bentuk yang paling ideal. Karena, gaya gravitasinya tentu kurang lebih merata di setiap permukaan bumi. Karena, jarak permukaan bumi sisi manapun akan memiliki jarak sama ke inti bumi yang tentu saja membuat besar nya gaya gravitasi menjadi kurang lebih sama.

Saat debu tertarik, tentu debu dan gas akan mengisi sisi bagian bumi yang memiliki bagian yang dalam bukan ? Karena bagian tersebut memiliki gravitasi atau tarikan yang lebih besar. Hal tersebut terjadi secara terus menerus hingga berbentuk bulat dan besar gaya gravitasinya merata.

Jadi, ibarat inti bumi adalah magnet yang memiliki gaya tarik, lalu debu adalah serbuk besi, maka serbuk besi akan tertarik menuju bola magnet tadi hingga merata dan menutupi magnet tadi bukan ? Lalu bayangkan serbuk besi yang menempel hingga menumpuk. Maka akan berbentuk bulat bukan ? Karena, serbuk besi akan mencari titik terdekat menuju magnet sehingga akan membentuk bulat.

Tentu kita tau ya, bentuk bulat memiliki jarak sisi luar menuju inti (jari-jari) yang sama bila di ukur dari sisi manapun. Nah itulah yang membuat gaya gravitasi sama dan merata di semua permukaan bumi. Karena, jarak setiap permukaan bumi dan inti kurang lebih sama .

Nah, gimana ? Semoga penjelasan diatas dapat kalian pahami dengan mudah ya. Baik, terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini. koreksi di kolom komentar bila ada yang salah ya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *