Mengapa kita (manusia) bisa merasa lapar ?


 Dalam satu hari, biasanya kita dianjurkan untuk makan sebanyak 3 kali sehari. Namun, ada banyak orang yang makan tidak pas sebanyak 3 hari. Ada yang kurang, dan mumgkin banyak uang lebih dari tiga kali ya. Hal tersebut, mungkin saja dipengaruhi oleh nafsu makan atau rasa lapar seseorang.

Namun, berbicara soal makan dan rasa lapar, pernahkah kita berpikir. Sebenarnya, mengapa kita bisa merasakan lapar ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk dimak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kita ketahui, tubuh kita memerlukan energi untuk bergerak dan melakukam aktivitas. Walapun tidak beegerak aktif, seperti hanya tiduran dikasur, tubuh kita juga memerlukan energi. Karena tubuh kita melakukan aktivitas tanpa kita sadari. Seperti berpikir, bernafas, dan yang lainnya.

Tentu kita tau dan setuju ya. Jika Rasa lapar dan kenyang merupakan rasa atau perasaan yang saling berhubungan. Oleh karenanya, kami akan sedikit membahas penyebab nya juga ya.

Secara dasar, kenyang biasanya diakibatkan adanya reaksi pengembangan lambung dan juga perut. Sebagai contohnya, saat kita lapar, coba kita minum segelas air. Bagaimana rasa nya ? Rasa lapar berkurang bukan ? Nah ini terjadi karena adanya pengembangan lambung.

Namun, masuk nya segelas air dan sepiring nasi tentu tingkat kepuasannya akan sangat berbeda. Hal ini terjadi karena perbedaan nutrisi didalamnya. Didalam air putih tentu tidak ada karbohidrat, lemak, dan protein yang merangsang produksi hormon untuk mengirim sinyal perasaan kenyang.

Sederhananya, rasa kenyang merupakan kondisi dimana lambung kita terisi makanan. Namun, saat kosong, maka kita akan merasa lapar. Hal ini juga yang kadang dijadikan trik saat diet. Dimana sebelum makan, biasanya seseorang akan meminum air agar perutnya terasa lebih kenyang dan akhirnya makan dalam porsi yang lebih sedikit.

Namun sebenarnya, dari penyebab sederhana tersebut ada peran hormon yang mengendalikan rasa lapar. hormon ghrelin yang berasal dari lambunglah yang menyebabkan kita lapar. Saat produksi ghrelin di dalam lambung meningkat, maka saat itulah kita merasa lapar.

Nah gimana ? Sudah ada gambaran ya temen-temen. Baik, semoga bahasan kami kali imo beemanfaat jangan lupa.baca bahasan kami yang lain. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *