Mengapa pohon dihutan tinggi-tinggi ?


Seperti yang kita ketahui, hutan merupakan tempat berkumpulnya berbagai jenis spesies tumbuhan. Kita juga tidak bisa memungkiri jika hutan juga menjadi rumah bagi berbagai jenis hewan. Mulai dari hewan berukuran kecil, hingga ukuran besar. Mulai dari yang memakan tumbuhan, hingga pemakan daging atau memangsa hewan lain.

Namun, apabila kita pergi kehutan, atau minimal melihat di televisi, tentubkita setuju jika disana banyak pohon yang tumbuh tinggi menjulang. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, pernahkah kalian bertanya, sebenarnya apa yang membuat pohon-pohon tersebut tumbuh tinggi hingga mencapai puluhan meter ? Nah bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Seperti yang sudah kami katakan diatas, tumbuhan dihutan seakan berlomba-lomba untuk tumbuh lebih tinggi dari tumbuhan yang lain disekelilingnya. Sehingga, tumbuhan dan pohon di hutan tampak terlihat tinggi-tinggi dan lebih tinggi bila dibandingkan dengan tempat lainnya.

Hal tersebut dikarenakan hutan memiliki tumbuhan yang banyak dan juga padat. Sehingga, tumbuhan-tumbuhan tersebut berlomba-lomba untuk mendapatkan cahaya matahari. Sehingga. Batang pohon di hutan akan tampak lebih panjang walaupun ukurannya tidak terlalu besar.

Cahaya matahari sendiri, dibutuhkan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis atau proses pembuatan makanannya sendiri dengan menggunakan zat hara dari tanah, karbon dioksida, dan dibantu oleh sinar matahari. Sehingga, untuk tetap hidup, maka tumbuhan akan berlomba-lomba untuk mendapatkan cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis.

Keadaan tersebut tenru berbeda dengan tumbuhan-tumbuhan yang ada di kebun dan juga dipekarangan rumah kita. Karena, kepadatan tumbuhan di kebun dan pekarangan kita sangat renggang. Sehingga, tumbuhan tak perlu memanjangkan batangnya agar tumbuh tinggi untuk mendapatkan cahaya matahari.

Nah, itu dia temen-temen penyebabnya. Yaitu, karena pohon atau tanaman di hutan sangat padat. Sehingga mereka berebut sinar matahari untuk proses fotosintesis. Mereka seakan memanjangkan batang mereka hingga tampak lebih tinggi dibanding tempat lain.

Baik, sampai disini dulu temen-temen bahasan kami kali ini. Semoga apa yangvtelah kita bahas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan kami yang lain dan juga share ya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *