Bagaimana tahu dibuat ?


Tahu merupakan salah satu makanan khas indonesia yang banyak disukai oleh semua kalangan. Mulai dari pejabat hingga rakyat biasa, mulai dari restaurant hingga warung biasa pn banyak yang menyediakannya. Selain banyak disukai, tahu juga memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Kebanyakan yang kita lihat, tahu biasanya di produksi oleh  pengusaha kecil hingga menengah. Namun, pernahkah kalian penasaran tentang bagaimana sebenarnya tahu itu dibuat ? Mudah atau susah ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak.bahasan info-MNarik kali ini.

Seperti yang kita ketahui, tahu biasanya komsumsi dengan cara digoreng saja, kemudian ditemani oleh sambal pedas. Namun tidak jarang juga tahu diolah menjadi pelengkap bahan lain. Seperti ditumis dengan sayur, di masak kuah dengan daging ayam, telur, tahu, daging sapi, ikan, dan olahan lainnya.

Bukan rahasia umum lagi jika tahu merupakan salah satu olahan dari kacang kedelai. namun, sebelum di diolah,  biasanya biji kedelai di rendam, lalu di haluskan hingga menjadi bubur, setelah itu dimasak dan didinginkan. Setelah dingin, bubur kedelai ini disaring menggunakan kain hingga air sari dan ampasnya terpisah.

Setelah itu, air sari atau susu kedelai ini dimasak hingga panas, namun tidak sampai mendidih. Setelah agak panas, lalu diangkat dan diberi cuka. Diamkan susu kedelai tersebut hingga kira-kira selama 30 menit. Setelah itu maka air dan calon tahu akan mulai terpisah.

Lalu sari menggunakan kain hingga air keluar. Untuk memadatkannya, biasanya di tekan dengan cukup kuat. Dan pada saat penekanan ini, sekaligus mencetak tahu nya. Jadi kalau ingin kotak, maka tekan dan cetak pada cetakan kotak.

Setelah air dikeluarkan, diamkan tahu selama sekitar 30 menit atau lebih. Nah, setelah itu, tahu sudah siap untuk kita olah untuk dijadikan sebagai lauk atau teman makan nasi kita. Ditumis atau digoreng sama-sama enak ya temen-temen.

Nah itu dia temen-temen caranya. Cukup mudah ya. Mungkin kalian juga bisa mencobanya dirumah. Karena, selain mudah, bahannya pun cukup mudah untuk kita dapatkan. Baik, semoga apa yang telah kita bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Jangan luoa share juga ya. Dukung blog kami untuk terus berkembang. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *