Mengapa kita bisa lupa ?


Kita tentu pernah mengalami hal yang bikin kita kesal. Seperti melupakan sesuatu, barang, kegiatan, dan lupa yang lainnya. Bahkan, lupa dapat membuat suasana menjadi genting dan mengantarkan kita pada keadaan berbahaya.

Walaupun begitu, lupa juga tidak melulu menyebabkan hal yang negatif dan merugikan. Adakalanya, melupakan itu perlu dilakukan. Namun terlepas dari itu semua, pernahkah kita berpikir, sebenarnya kenapa kita bisa lupa ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-Mnarik kali ini.

Perlu kita ketahui jika lupa merupakan gagalnya otak dalam memanggil kembali informasi yang telah kita simpan sebelumnya. Sehingga, kita kesulitan untuk mengingatnya walaupun kita sudah berusaha sekuat tenaga.

Sebenarnya, otak kita banyak menyimpan informasi yang berasal dari indera kita. Seperti mata, telinga, kulit, hidung, dan tentu lidah sebagai perasa makanan.

Namun, otak tidak akan mampu menyimpan semuanya secara detail. Biasanya, otak akan menyimpan kejadian-kejadian yang dianggap berkesan oleh kita. Kejadian tersebut disimpan dalam ingatan jangka pendek. Namun, saat kita sering mengingatnya, atau terjadi berulang-ulang, kejadian tersebut bisa disimpan kedalam ingatan jangka panjang.

Namun, saat kita memanggil ingatan yang sudah tersimpan dalam otak kita, terkadang ingatan tersebut tidak selalu muncul. Hal tersebutlah yang membuat kita lupa. Menurut para ahli, kegagalan itu dapat dipengaruhi oleh beberapa hal. Seperti dibawah ini :


  1. Decay theori. Kita lupa bisa diakibatkan oleh jarangnya pemanggilan ingatan tersebut.
  2. Interference theory. Lupa juga bisa diakibatkan oleh kejadian yang lebih berkesan. Sehingga, ingatan tersebut lebih menonjol dari kejadian yang kita butuhkan.
  3. Retrieval failure. Yaitu kegagalan kita untuk mendapatkan petujuk atau pemicu yang akan mengingatkan pada ingatan yang kita butuhkan.
  4. Repression theory. Yaitu kejadian yang sangat membuat kita trauma.
  5. Motivated forgetting. Yaitu kemauan kita untuk melupakan kenangan pahit. Seperti kenangan dengan mantan dan juga yang lainnya.


Namun perlu kita sadari, melupakan tidak selalu negatif. Melupakan justru sangat kita butuhkan apabila kita mengalami kejadian buruk atau kejadian yang menyakitkan. Jadi, hal tersebut buat apa kita kenang ? Lebih baik diambil pelajarannya saja :)

Kejadian lain yang dapat menyebabkan lupa bisa terjadi akibat amnesia atau lupa ingatan. Baik karena benturan keras pada kepala atau karena penyakit. Umur pun juga bisa mempengaruhi nya ya. Seperti orang yang sudah lanjut usia. Hehe

Baik, sampai disini dulu bahasan kami kali ini. Jangan lupa baca bahasan kami yang lain dan share juga ya. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *