Mengapa kita bisa lupa ingatan atau amnesia ?


Sejak kecil, tentu kita pernah menonton film atau sinetron di televisi dengan adegan kecelakaan. Dimana setelah itu, si pemeran malah menglami hilang ingatan atau amnesia. Ya, kejadian tersebut banyak sekali terjadi dalam beberapa judul sinetron dan film di indonesia.Walau terkesan lebay dan mengeda-ngada, kecelakaan yang membuat kepala kita cedera, sebenarnya juga bisa membuat ingatan kita terganggu beneran loh.

Namun, terlepas dari itu semua, pernahkah kita berpikir atau memiliki rasa penasaran. Sebenarnya, mengapa kita bisa mengalami lupa ingatan ? Sebenarnya apa yang terjadi pada otak kita ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Lupa ingatan atau juga sering disebut sebagai amnesia, merupakan salah satu gangguan yang dapat menyebabkan seseorang kesulitan untuk mengingat informasi, pengalaman, dan juga kejadian yang pernah dialami dimasa lampau. Selain itu, penderita amnesia terkadang juga kesulitan untuk mengingat hal-hal baru.

Amnesia juga bisa terjadi secara tiba-tiba dan juga secara perlahan. Gangguan amnesia juha bisa terjadi dalam jangka pendek dan ada pula yang terjadi dalam jangka panjang.

Amnesia sendiri terjadi karena adanya kerusakan pada bagian otak. Yaitu bagian yang mengatur atau memproses ingatan. Sehingga, seseorang kesulitan untuk mengingat kejadian dan informasi masa lampau.

Jika yang rusak hanya pengatur dan pemeroses memori dan ingatan masa lampau, kemungkinan untuk sembuh dan mengingat kembali informasi dan kejadian masa lampau yang masih tersimpan didalam otak kita. Namun, tentu saja dengan beberapa terapi.

Selain terapi, pemberian vitamin dan suplemen juga dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lebih parah akibat amnesia. Kita juga bisa mendukung dengan alat bantu seperti smartphone, tablet, foto, cerita dan beberapa alat bantu lain yang dapat digunakan untuk membantu penderita untuk mengingat kembali ingatan masa lampau.

Sebenarnya, ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami amnesia. Seperti kondisi-kondisi dibawah ini :

  • Cedera pada kepala, misalnya akibat kecelakaan.
  • Stroke.
  • Kejang.
  • Ensefalitis atau peradangan otak.
  • Tumor otak.
  • Penyakit Alzheimer.
  • Ketergantungan minuman keras dalam jangka waktu yang lama.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti benzodiazepine dan obat penenang
  • Penurunan pasokan oksigen pada otak (anoxia).
  • Trauma psikologis, misalnya akibat pelecehan seksual.


Nah, itu dia temen-temen beberapa penyebab yang mungkin bisa membuat seseorang mengalami lupa ingatan atau amnesia. Baik, semoga bermanfaat. Apabila ada kekeliruan, mohon dibetulkan pada kolom komentar dibawah ini ya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *