Apa yang menyebabkan usus buntu ?


Sejak kita kecil, mungkin kita sering mendengar istilah usus buntu. Istilah tersebut bagi sebagian orang akan terasa seram. Bagaimana tidak, dari namanya saja kita sudah kebayang betapa  seramnya gangguan tersebut. Yaitu buntunya saluran pencernaan kita.

Namun, terlepas dari itu semua pernahkah kita memiliki rasa penasaran tentang gangguan usus buntu tersebut ? Seperti apa usus buntu yang sebenarnya ? dan apa yang menyebabkan usus buntu ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Sebelum kita lanjut, kami akan mencoba meluruskan anggapan usus buntu. Jika kalian beranggapan usus buntu merupakan gangguan yang membuat usus kita mampet, tentu hal tersebut salah besar ya. Hehe. Karena, usus buntu merupakan salah satu organ yang terdapat pada usus besar.

Organ tersebut berukuran antara 5-10 cm saja. Namun, usus buntu ini sering dianggap sebagai nama dari gangguan kesehatan. Tidak sepenuhnya salah, karena usus buntu ini kerap mengalami peradangan. Peradangan usus buntu ini dapat membuat penderitanya merasakan nyeri pada bagian perut bagian kanan bawah.

Usus buntu juga bisa dialami oleh siapa saja dan semua umu. Namun, usia paling rentan adalah antara umur 10 - 30 tahun.  peradangan usus buntu ini sangat berbahaya. Karena, apabila dibiarkan, usus buntu dapat terinfeksi dan bernanah. Hingga bisa menyebabkan pecah san juga membahayakan nyawa pemderitanya.

Sebenarnya, penyebab usus buntu terjadi karena adanya infeksi pada rongga usus buntu. Apabila bakteri telah berkembang biak dengan pesat, maka usus buntu akan mengalami peradangan. Bahkan bisa juga bernanah. Sebenarnya ada beberapa penyebab usus buntu. Seperti :

  • Hambatan pada pintu usus buntu
  • Pembengkakan jaringan dinding usus buntu karena infeksi.
  • Pertumbuhan parasit yang menyumbat rongga usus buntu
  • Cedera pada perut.
  • Penyakit lain, seperti tumor pada perut atau inflammatory bowel disease.

Walau banyak perkiraan, sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab dari gangguan usus buntu tersebut. Namun, ada yang memperkirakan juga terkait penyebab peradangan usud buntu ini. Yaitu dikarenakan adanya feses atau biji-bijian yang tidak tercerna secara sempurna dan tidak secara sengaja masuk kedalam usus buntu. Karena usus ini buntu, maka feses atau sisa makanan tersebut akan terperangkap disana. Sehingga bakteri akan berkembag pesat dan membuat usus buntu meradang, memebengkak, hingga bernanah.

Baik, sampai disini dulu bahasan kami kali ini ya. Jangan lupa baca bahasan kami yang lain. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *