Apa benar makanan pedas bisa menyebabkan usus buntu ?


Saat kita kecil, kita sering di ingatkan oleh orang tua kita atau orang disekitar kita untuk  tidak terlalu sering makan makanan pedas. Karena menurut mereka, hal tersebut dapat menyebabkan kita menderita usus buntu atau peradangan usus buntu. Apakah kalian juga pernah mendengarnya ?

Nah jika pernah, saat sudah besar seperti sekarang, pernahkah kalian mengingatnya kemudian penasaran tentang kebenaran hal tersebut ? Apa benar makanan pedas terlalu sering bisa membuat kita menderita peradangan usus buntu ? Nah, jika kalian benar penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Seperti yang kita ketahui, makanan pedas merupakan makanan yang sangat digemari oleh masyarakat indonesia. Bahkan, ada varian makanan dengan rasa pedas berbagai level. Mulai dari mie, bakso, dan makanan yang lainnya. Hal ini ada karena masyarakat indonesia gemar makan pedas.

Dengan begitu, tentu kita sedikit khawatir ya dengan isu makanan pedas bisa menyebabkan usus buntu ini. Namun sebelumnya, kita kenalan dulu dengan usus buntu ini. Usus buntu merupakan sebuah organ kecil dan tipis. Panjangnya hanya berkisar 10-30 cm saja. Letaknya ada di sebelah bawah kanan perut atau di bawah usus besar.

Penyakit atau gangguan usus buntu sendiri, merujuk pada pembekakan organ usus buntu tersebut. Walaupun belum diketahui secara pasti penyebab pembengkakan atau peradangan usus buntu ini, banyak dokter dan ilmuan percaya jika, pembenhkakan ini di akibatkan oleh bakteri dari feses kita.

Sehingga dari hal tersebut, para ilmuan dan para dokter percaya jika makanan pedas dan usus buntu ini tidak ada hubungannya. Jadi, makanan pedas dapat menyebabkan usus buntu itu adalah mitos ya temen-temen.

Namun, ada juga yang menganggap biji cabe juga bisa menyebabkan usus buntu loh. Karena, biji cabai tidak akan tercerna. Sehingga, dikhawatirkan akan masuk pada usus buntu dan mengendap disana. Sehingga membuat bakteri tumbuh pesat didalam usus buntu dan menyebabkan peradangan. Namun kejadian ini juha bisa disebabkan oleh feses kita sendiri. Jadi tidak hanya biji-bijian.

Walaupun begitu, kita dianjurkan untuk makan pedas secukipnya saja. Karena, makanan pedas berlebihan juga tidak baik untuk pencernaan kita. Karena bisa membakar sistem pencernaan seperti pada mulut kita.

Nah, gimana ? Sudah terjawab ya temen-temen. Baik semoga bermanfaat. Apabila ada kesalahan bisa di koreksi pada kolom komentar dibawah ini. Jangan lupa share dan baca bahasan kami yang lain. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *