Apa fungsi usus buntu atau umbai cacing ?


Sejak kita sekolah dasar, biasanya kita akan diajarkan tentang sistem pencernaan tubuh kita sendiri. Mulai dari mulut, hingga yang terakhir adalah pembuangan kotoran atau feses. Yaitu anus. Namun organ yang tak terlibatkan adalah usus buntu atau juga disebut sebagai umbai cacing.

Nah, terkait organ kecip tersebut, guru kita kadang tak menjelaskan terkait fungsi dari organ tersebut. Nah, setelah kita dewasa, apa kalian tidak penasaran dengan fungsinya ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Sedikit mengingatkan usus buntu, organ ini terletak pada bagian bawah usus besar kita. Jika dari luar, letak nya berada di bagain bawah perut dan  terletak agak kesebelah kanan. usus buntu sendiri memiliki panjang bervariasi. Mulai dari 10-30 cm. Organ ini berbentuk kecil dan seperti cacing. Itulah yang membuatnya sering disebut umbai cacing.

Selain itu, usus ini juga buntu. Iya, sesuai namanya ya temen-temen. Lalu sejak dulu, kita mungkin tak pernah mendengar terkait fungsi dari usus buntu ini. Malahan, usus buntu ini akan dipotong saat mengalami masalah. Seperti peradangan. Nah, pemotongan ini tidak berdampak pada tubuh manusia. Nah, apakah organ ini tidak berfungsi ?

Sejak lama, banyak yang menganggap usus buntu ini tidak memiliki fungsi bagi tubuh manusia. Namun, penelitian terbaru menemukan fungsi dari usus buntu seperti dibawah ini.

Usus buntu memiliki peran dalam sistem imun/kekebalan tubuh.

Dalam penelitian terkini, usus buntu di ketahui berperan dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Karena, usus buntu dapat melawan beberapa bakteri dalam sistem pencernaan. Selain itu, usus buntu dipercaya terlibat dalam penurunan limfosit-T dan limfosit-B dalam sistem imun.

Usus buntu berperan dalam pencernaan.

Penelitian terkini juga membuktikan usus memiliki peran dalam pencernaan manusia. Seperti yang telah di teliti oleh tim penileliti dari Duke University Medical Center. Para peneliti yang terdiri dari ahli imunologi menyatakan jika usus kita terdiri dari berbagai mikroba dan bakteri.

Beberapa diantara bakteri tersebut memiliki manfaat bagi pencernaan kita. Saat sistem pencernaan kita diserang penyakit, seperti diare  usus buntu dapat menangkap dan mengembalikan bakteri baik yang bermanfaat tersebut. Seperti penelitian yang telah di publikasikan dalam Journal of Theoretical Biology .

Nah, gimana temen-temen ? Sudah tau fungsi dari usus buntu ini ya. Ya, walaupun ketika dipotong, kita tidak merasakan dampak negatif ya. Hehe. Baik semoga beemanfaat, dan Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *