Apakah ikan minum air ?


Sebagai mahluk hidup, tentu kita butuh air ya temen-temen. Hewan dan tumbuhan pun juga demikian. Semua mahluk hidup tersebut butuh air. Sehingga, tidak heran jika air disebut sebagai sumber kehidupan di Bumi kita  ini.

Selain itu, air juga sebagai tempat kelangsungan hidup bagi sebagian mahluk hidup. Seperti ikan contohnya.  namun, pernahkah kita berpikir atau memikiki pertanyaan. Sebenarnya, ikan itu minum atau tidak ya ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Seperti yang kita ketahui, ikan merupakan hewan yang tentu saja bagian dari mahluk hidup. Ikan juga sangat membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya. Karena tanpa air, dalam jangka waktu beberapa menit saja ikan sudah pasti mati.

Berbeda dengan mahluk darat seperti manusia, ikan bernafas didalam air. Sementara kita, tentu tidak bisa bernafas dalam air. Ini terjadi karena adanya perbedaan organ pernafasan. Jika mahluk darat menggunakan paru-paru dalam sistem pernafasannya, maka ikan menggunakan insang untuk bernafas.

Cara bernafas ikan pada umumnya adalah dengan cara memasukkan air kedalam mulutnya. Namun, air tersebut tidak ditelan. melainkan dikeluarkan lagi melalui insan disamping kepalanya. Saat melalui insang, kandungan oksigen dalam akan diambil oleh insang tersebut.

Lalu, apakah ikan tidak minum ?

Seperti yang kita ketahui, air terdiri dari dua. Yaitu air asin dan air tawar. Ikan air tawar biasanya sangat jarang minum atau bahakan tidak sama sekali. Karena, air akan selalu masuk kedalam tubuh ikan melalui setiap sel tubuh/kulit mereka yang bersentuhan dengan air.

Sementara, ikan air asin akan minum dalam jumlah yang lebih besar dan mungkin secara terus menerus. Hal ini terjadi karena cairan dalam tubuh mereka akan terserap keluar melalui sel tubuh atau kulit yang bersentuhan langsung dengan air asin tersebut.

Mengapa ada perbedaan dari keduanya ? Dan mengapa air bisa keluar melalui kulit atau sel tubuh mereka bisa dilalui air ?

Peristiwa tersebut memang sifat dari sel hewan. Dimana konsentrasi garam yang lebih pekat akan pergi menuju cairan yang kurang pekat melewati sel mahluk hidup. Didalam tubuh ikan air tawar, tentu cairan didalam tubuhnya memiliki kandungan garam yang lebih pekat dibandingkan air tawar. Sehingga air akan masuk kedalam tubuhnya melalui sel tubuh mereka.

Sementara, air asin tentu memiliki kadar garam yang lebih pekat dibandingkan dengan tubuh ikan. Sehingga, cairan didalam tubuh ikan akan terus tersedot. Untuk mengatasinya, ikan akan selalu minum air untuk menyeimbangkan cairan yang ada ditubuh mereka.

Hal tersebut juga terjadi pada proses pengasinan telur ya temen-temen. Dimana garam masuk kedalam telur. Karena konsentrasi garam pada abu yang di tempelkan pada telur lebih tinggi dibandingkan dengan cairan telur.

Nah, gimana ? Sudab jelas ya ? Baik sampai diaini dulu bahasan kami kali ini semoga bermanfaat dan, terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *