Siapa penghasil oksigen terbesar di bumi ? Ternyata bukan pohon.


Sejak kita duduk disekolah dasar, kita tentu tau ya jika tumbuhan atau pohon itu menghasilkan oksigen untuk kita hirup dan juga di hirup oleh hewan juga. Banyak orang-orang dan organisasi yang menggalakkan penghijauan dan melarang menebang pohon secara liar dan berlebihan.

Hal tersebut tentu agar pasokan oksigen selalu tersedia dan juga agar bumi kita tidak mengalami pemanasan global. Namun ternyata, penghasil oksigen terbesae di Bumi kita ini bukan pohon loh. Lalu apa ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Pohon memang banyak kita temui didalam lingkungan dan keseharian kita. Apalagi dihutan hujan tropis yang sangat lebat. Disana bisa terdapat banyak sekali pohon dengan berbagai jenisnya. Bahkan, mungkin ada jutaan pohon disana. Sehingga, oksigen bisa dihasilkan dengan jumlah yang sangat besar.

Namun, para ilmuan telah menemukan dan percaya jika bukan pohon yang menghasilkan oksigen paling besar di Bumi kita ini. Lalu siapa ? Penghasil oksigen paling besar di Bumi kita ini adalah plankton yang hidup di dalam air laut dan juga samudra.

Bentuk plankton ini memang sangat kecil dan tak tampak bila dilihat dengan mata keranjang. Karena ukurannya hanya sekitar 2-200 mikrometer saja. Walaupun begitu, jumlah plankton ini tak terhitung jumlahnya. Dan mungkin mengalahkan jumlah pohon didaratan.

Hal tersebut memang sangat wajar. Karena, sebagian besar bumi kita ini memang terdiri dari air ya temen-temen. Jadi, hal tersebut sangatlah wajar. Walaupun kecil, plankton sangat besar peranannya di lautan. Karena, plankton merupakan makanan bagi banyak jenis ikan yang hidup dilautan. Fungsinya mirip seperti tumbuhan yang menjadi nutrisi bagi hewan dan manusia di daratan.

Namun, perlu kalian ketahui jika plankton terbagi menjadi dua jenis. Yaitu fitoplankton dan zooplankton. Plankton yang menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis hanya fitoplankton saja. Sedangkan zooplankton tidak melakukan fotosintesis. Melainkan memakan plankton yang lain seperti zooplankton.

Nah, gimana temen-temen ? Sudah kenal kan sama penghasil oksigen terbesar di bumi kita ini ? Ya, mereka adalah plankton. Lebih tepatnya fitoplankton. Plankton diperkirakan menghasilkan 2/3 oksigen di bumi kita ini. Sementara pohon diperkirakan hanya menghasilkan 1/3 atau 28% saja temen-temen.

Baik, sampai disini dulu bahasan kami kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *