Apakah hewan berkeringat ?


Saat kita berlari, biasanya kita akan memgeluarkan keringat. Namun, tidak hanya saat sedang berlari. Karena, keringat juga bisa muncul ketika kita makan, olahraga, panik, mengangkat barang, suhu panas, dan aktivitas-aktivitas lainnya.

Namun, itu semua terjadi pada kita sebagai manusia. Namun, aktivitas seperti itu juga sering dilakukan oleh kebanyakan hewan. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, pernahkah kalian berpikir. Sebenarnya, hewan itu berkeringat atau tidak ya ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Sebenarnya, keringat merupakan salah satu perilaku tubuh kita untuk mendinginkan suhu panas didalam tubuh kita. Keluarnya keringat ini dihadilkan oleh kalenjar keringat yang ada dibawah kulit manusia.

Perlu kita ketahui jika, hewan bertulang belakang itu terbagi menjadi beberapa kelompok. Seperti : aves, amfibi, pisces, mamalia, dan reptil.

Nah, karena lima kelompok tersebut memiliki perbedaan yang cukup mencolok, maka berikut akan kami jelaskan dalam bagian yang berbeda dibawah ini.

Aves.

Aves dalam bahasa indonesia sering kita sebut sebagai unggas. Contoh hewan dan jenis unggas ini adalah seperti ayam, burung, angsa, dan hewan berbulu lainnya. Nah, hewan ini tidak memiliki kalenjar keringat. Sehingga, hewan ini tidak pernah berkeringat. Namun, untuk mendinginkan tubuhnya, biasanya aves mimiliki prilakunya yang berbeda-beda. Seperti mandi air yang dilakukan oleh bebek.

Amfibi.

Hewan amfibi ini merupakan jenis hewan yamg hidup didua tempat. Yaitu air dan juga daratan. Contoh hewan ini adalah seperti katak. Hewan ini juga tidak berkeringay. Namun, terkadang hewan jenis ini ada yang berlendir. Untuk mendinginkam tubuhnya, tentu saja masuk kedalam air.

Pisces.

Pisces merupakan jenis ikan yang hidup di air. Baik tawar maupun air asin. Pada umumnya, ikan memiliki kulit bersisik dan berbeda stukturnya dengan manusia. Karena, ikan tidak memiliki kalenjar keringat. Sehingga, ikan tidak berkeringat. Namun, ikan biasanya menghasilkan lendir pada sisiknya.

Mamalia.

Hewan mamalia merupakan kelompok hewan yang menyusui anaknya seperti manusia. Hewan jenis ini biasanya memiliki kalenjar keringat seperti manusia. Sehingga, hewan mamalia berkeringat saat suhu tubuhnya meningkat. Namun, setiap jenis hewan memiliki letak dan jumlah masing-masing. Namun, ada juga yang berkeringat hanya sedikit saja.

Seperti kucing yang memiliki kalenjar keringat terbesar di telapak kakinya. Sementara anjing memiliki kalenjar keringat hanya sedikit. Oleh karena itu, saat kepanasan anjing biasanya menjulurkan lidahnya.

Reptil.

Reptil ini merupakan jenis hewan seperti kadal, buaya, dan juga ular. Hewan ini tidak memiliki kalenjar keringat. Namun, setiap jenis hewan reptil memiliki caranya sendiri untuk mendinginkan tubuhnya. Seperti buaya yang membuka mulutnya.

Nah itu dia temen-temen jawabannya. Mohon dikoreksi apabila ada yang keliru ya. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *