Mengapa deterjen pencuci baju bisa berbusa ?


Tim info-MNarik mau tanya nih, kalian nyuci baju sendiri atau dicuciin orang tua ? Atau anggota keluarga lainnya ? Atau istri ? Nah, bagi kalian yang dicuciin bajunya, jangan malas-malas ya. Hehe. Karena sebenarnya mencuci itu mudah apalagi yang menggunakan mesin cuci. Karena, deterjen jaman sekarang memang ampuh membersihkan pakaian dengan disertai busa nya.

Namun, terlepas dari memcuci sendiri atau tidak, pernahkah kalian berpikir. sebenarnya, mengapa deterjen atau sabun mencuci pakaian kita bisa mengeluarkan busa ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Untuk mencuci baju, biasanya kita menggunakan sabun agar kotoran lekas luntur dari baju kita. Dimana sabun pencuci baju sekarang sudah banyak macamnya. Mulai dari yang cair sampai yang bubuk dan dering disebut dengan deterjen.Beberapa tujuan dan tambahan khusus pun diformulasikan agar mendapatkan kelebihan dari produk dari merk lain dan juga menarik minat pembeli.

Mulai dari yang mengharumkan, melembutkan, membuat kotoran noda di baju lekas terangkat, dan masih banyak kelebihan-kelebihan setiap produk untuk menarik minat pembeli. Namun, kita tentu tau jika semua sabun pencuci baju baik yang bubuk dan cair, pasti akan menghasilkan busa saat kita campurkan dengan air dan mengaduknya.

Busa yang di hasilkan deterjen atau sabun baju tersebut sebenarnya karena ada kandungan deterjen itu sendiri. Dimana deterjen sendiri sebenarnya adalah kandungan bahan kimia. Beberpa diantaranya yaitu Alkyl Benzene Sulfonate (ABS), Linier Alkyl Benzene Sulfonate (LAS), dan Alpha Olein Sulfonate (AOS).

Nah itu dia temen-temen penyebab keluarnya busa pada deterjen atau sabun pencuci pakaian yang sering kita gunakan gunakan sehari-hari. Namun, perlu kalian ketahui ya. Busa hasil dari pemakaian deterjen ini tidak ramah lingkungan. Sehingga, kita disarankan untuk tidak menggunakannya secara berlebihan.

Terutama bagi keluarga yang menetap di didekat sungai. Dimana biasanya, hasil pembuangan mencuci akan langsung dibuang ke air sungai. Sehingga, busa dan air hasil mencuci tersebut bisa mengganggu keseimbangan ekosistem yang ada di sungai atau genangan air lainnya.

Baik, itu dia temen-temen bahasan kami kali ini. Semoga apa yang telah kita bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca bahasan menarik kami yang lain. Jangan lupa share juga ya temen. Terimakasih sudah membaca bahasan kami kali ini :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *