Bagaimana cara kapal berbelok ?


Kita tentu sering melihat mobil, sepeda motor, truck, dan bus berbelok di jalan raya. Cara kerjanya pun cukup mudah. Yaitu dengan cara memutar kemudi kendaraan dan akan membuat roda depan berbelok. Namun, pernahkah kalian berpikir hal yang sama pada kapal laut ?

Maksudnya, bagaimana kapal bisa berbelok ? Bukankah mereka tidak punya roda seperti kendaraan didarat bukan ? Nah, bagi kalian yang penasaran, yuk simak bahasan info-MNarik kali ini.

Perlu kalian ketahui lagi, jika kapal memang tidak menggunakan roda seperti pada kendaraan di darat. Kapal menggunakan baling-baling mirip dengan kipas yang akan berputar di dalam air. Dan biasanya ada di bawah dan dibelakan badan kapal.

Karena penggerak atau baling-baling dari kapal ini berada dibawah kapal, yang otomatis berada didalam air, tentu sangat jarang kita lihat saat berada di di atas kapal. Lebih mudahnya, bisa kalian lihat pada perahu nelayan yang menggunakan mesin tempel. Disana ada mesin yang di tempel dan mesin akan menggerakkan baling-baling kecil yang jika dimasukkan kedalam air, maka akan menggerakkan perahu.

Nah, saat kita ingin membelokkan perahu, biasanya seorang nelayan akan menaruh atau menarik kemudi mesin agar baling-baling berada agak menyamping. Sehingga, perahu pun akan berbelok sesuai dengan arah yang diinginkan nelayan. Misalnya, baling-baling ditarik agar menyamping disebelah kiri, agar belok kiri, dan kanan agar belok kanan.

Namun, pada kapal besar, ada sedikit perbedaan dengan perahu tadi. Perbedaannya ada pada baling-baling yang tidak bergerak. Namun, pusat kendalinya ada pada pengubahan arus air yang di hasilkan oleh baling-baling tersebut. Pengubah arus tersebut biasanya berbentuk seperti papan dan tegak berdiri lurus tepat di bealkang baling-baling yang bergerak untuk memdorong kapal.

Papan atau pembelok arus tersebut akan lurus membelah arus yang di hasilkan baling-baling untuk membuat kapal jalan lurus. Jika ingin berbelok, maka papan tersebut akan menyerong dan akan membuat arus lari ke samping yang akhirnya akan membuat kapal berbelok.

Papan akan menyerong ke kanan agar arus lari kekanan dan membuat kapal belok kanan. Jika ingin belok kiri maka papan tersebut akan menyerong ke arah sebelah kiri dan membuat arus lari ke kiri yang akhirnya membuat kapal belok kiri.

Nah, itu dia temen-temen cara kapal berbelok. Semoga penjelasan singkat dan sederhana diatas dapat membuat kalian paham ya. Jika belum, kalian bisa lihat pada penjelasan video di youtube ya. Baik terimkasih sudah membaca :)

1 comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *