Bagaimana minyak di proses ?


Kalian tentu punya kendaraan bermotor atau setidaknya pernah melihat kendaraan bermotor. Dimana bahan bakar dari mesin nya adalah BBM. Atau kepanjangan dari Bahan Bakar Minyak. Pernahkah kalian berpikir bagaimana minyak tersebut di peroleh dan di proses ? Berikut tim info-MNarik akan membahasnya untuk kalian.

Perlu kalian ketahui, BBM berasal dari minyak bumi. Dimana menurut teori yang sudah ada, minyak bumi terbentuk dari jasad renik yang berasal dari hewan atau tumbuhan yang sudah mati. Dengan pengaruh waktu yang lama, bahkan hingga jutaan tahun, membuat jasad renik berubah membentuk bintik - bintik minyak dan gelembung gas. Dan kemudian akan terkumpul didalam tanah.

Untuk mendapatkan minyak bum tersebut, maka harus dilakukan pengeboran. Setelah pengeboran akan didapatkan minyak mentah dangan wujud cair dan kental berwarna hitam dan belum bisa di manfaatkan. Minyak mentah harus diproses terlebih dahulu agar bisa dimanfaatkan. Proses tersebut dilakukan dengan cara penyulingan.

Penyulingan merupakan cara pemisahan beberapa minyak berdasarkan titik didih nya. Pemisahan ini nantinya akan dihadilkan beberapa jenis BBM. Seperti bensin, solar, gas, minyak tanah dan aspal. Semuanya memiliki titik didih yang berbeda. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan cari di sumber lain.

Setelah itu minyak akan di proses lebih lanjut dengan proses pembersihan dari kontaminasi cairan lain sehingga dihasilkan jenis BBM yang di inginkan dan siap diginakan. Di proses ini juga bisa dilakukan berbagai jenis BBM seperti premium, pertalite dan pertamax.

Nah itu dia temen - temen proses pengolahan BBM secara singkat. Semoga bahasan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih sudah membaca. Jangan lupa baca bahasan lain kami. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *