Mengapa minyak dan air tidak bisa bersatu ?


Sebagian dari kalian, mungkin sudah pernah melihat minyak yang dituang ke air. Atau bahkan pernah menumpahkan minyak ke dalam air. Dimana minyak akan selalu berada diatas air dan membuat minyak tidak akan menyatu dengan air.

Namun, pernahkah kalian berpikir mengapa minyak tidak bisa menyatu dengan air ? Oleh karena itu tim info-MNarik akan membahasnya untuk kalian. Berikut pembahasannya.

Seperti yang sudah dikatakan tadi, bila kita memasukan minyak kedalam air atau sebaliknya, maka air akan berada di bawah. Hal tersebut di karenakan massa jenis air lebih besar dibandingkan minyak. Oleh karena itu, air akan berada di bawah. Karena minyak lebih ringan masa jenisnya.

Namun, bukan hal itulah yang membuat minyak tidak bisa menyatu dengan air. Melainkan karena air merupakan suatu senyawa kimia yang bersifat polar. Sedangkan minyak merupakan senyawa non polar. Oleh karena itu, keduanya tidak akan menyatu satu sama lain.

Senyawa polar dan senyawa non polar apabila kita campur atau satukan, maka keduanya tidak dapat bersatu menjadi satu kesatuan. karena, kedua senyawa tersebut memiliki sifat - sifat khas yang berbeda.
Disebabkan oleh perbedaan sifat itulah yang membuat air dan minyak tidak dapat bercampur atau menyatu.

Sedikit informasi, suatu senyawa kimia di katakan bersifat polar bila memiliki pasangan elektron bebas. Sedangkan non polar sebaliknya. Yaitu tidak memiliki pasangan elektron bebas. Keterangan lebih lanjut dapat kalian pelajari di tempat lain yang lebih serius ya. Hehe

Baik itu dia penyebab dan alasan mengapa minyak dan air tidak dapat bersatu. Yaitu karena air bersifat polar sementara minyak beraifat non polar. Baik, terimakasih sudah membaca. Dan jangan lupa baca pembahasan lainnya ya. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *