Bagaimana cara kerja kereta ?


Kereta merupakan salah satu mode transportasi yang masih diminati di indonesia. Selain cepat dan tanpa macet, tiket kereta di indonesia cenderung murah. Oleh karena itu kereta masih menjadi pilihan favorit untuk bepergian. Namun, pernahkah kalian berpikir bagaimana cara kerja kereta itu ? Oleh karena itu, tim info-MNarik akan membahasnya untuk kalian.

Kereta api merupakan sebuah alat transportasi yang menggunakan rel untuk berjalan dan di tarik oleh sebuah sebuah penggerak. Penggerak disini terdapat beberapa macam bahan bakar. Umumnya, di jaman sekarang kerera menggunakan tenaga diesel, listrik atau mengkombinasikan keduanya dan pula dengan cara magnetik.

Kereta diesel merupakan kereta yang berbahan bakar solar. Kereta ini di gerakkan menggunakan mesin diesel seperti pada mobil. Sehingga, kereta ini menggunakan mesin untuk menggerakkan gerbongnya. Namun, jenis kereta ini sudah jarang digunakan di indonesia.

Kereta diesel elektrik memeliki prinsip kerja menggunakan diesel untuk menghasilkan listrik. Yaitu seperti genset. Kemudian, listrik akan mengherakkan roda - roda kereta. Dimana konsepnya seperti menggunakan dinamo pada tamiya.

Kemudian ada kereta listrik yang langsung menggunakan listrik sebagai penggeraknya. Listrik di dapatkan dari kabel yang sudah di bentuk berada di atas sepanjang rel. Sehingga kereta ini tidak memerlukan diesel lagi untuk menghasilkan listrik.

Kemudian ada kereta magnetik. Kereta ini menggunakan magnet untuk menggerakkan keretanya. Kereta ini tidak meneyentuh rel. Karena, ada gaya magnet yang mengangkat keretanya. Magnet akan ada di sepanjang rel kerera ini. Oleh karena itu, biaya pembuatannya sangat mahal. Dan negara yang mengembangkannya ada beberapa negara saja. Seperti tiongkok, jerman dan jepang. Kereta ini dapat menghasilkan kecepatan yang sangat tinggi. Karena minimnya gesekan dengan rel.

Namun, yang umum digunakan di indonesia adalah jenis kereta diesel elektrik. Perlu kalian ketahui, kereta bergerak mengikuti rel. Oleh karena itu, kereta tidak memiliki stir seperti pada motor dan mobil. Yang ada hanya berangkat dan berhenti saja.

Nah itu dia temen - temen cara kerja dari beberaap kereta yang pada saat ini. Baik, semoga apa yang telah kita bahas bahas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekeliruan informasi yang kami sampaikan. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *