Bagaimana ombak bisa terjadi ?


Temen - temen tentu pernah pergi ke pantai atau laut. Atau minimal pernah melihat pantai di televisi. di laut atau pantai memang hampir selalu ada gelombang atau ombak. Saat melihat peristiwa itu, pernahkah kalian berpikir bagaimana ombak bisa terjadi ? Untuk itu, tim info-MNarik akan membahasnya untuk kalian.

Ombak merupakan air yang bergerak. Mulai dari yang kecil hingga yang tinggi dan mencapai beberapa meter tingginya. Biasanya, ombak terjadi di laut dan menghantam bibir pantai. Ombak biasanya terjadi karena angin. Ya, paparan angin yang cukup kuat membuat air menjadi ikut bergerak.

Oleh karena itu, semakin kencang angin maka akan semakin besar ombaknyang terbentuk. Seperti saat badai, dimana angin akan bertiup sangat kencang. Maka ombak yang tercipta pun akan semakin tinggi dan semakin beaar dan berbahaya.

Namun, ada juga ombak yang tercipta bukan karena pergerakan angin. Seperti gelombang tsunami yang biasanya dihasilkan karena ada gempa di dasar laut atau pergerakan tanah di dasar laut. Sehingga membuat air menjadi bergerak dan terciptalah gelombang atau ombak tsunami yang sangat besar.

Peristiwa lain yang dapat membentuk ombak atau gelombang tsunami adanya letusan gunung laut seperti gunung kerakatau di indonesia. Yang membuat tanah bergetar dan menghasilkan gelombang. Longsor bawah laut juga dapat mengjasilkan gelombang laut. Selain itu, gravitasi bulan juga bisa membuat terciptanya gelombang laut.

Nah itu dia temen - temen proses terbentuknya gelombang. Dimana mayoritas terbentuk karena adanya angin di lautan. Baik, semoga bahasan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa membaca postingan kami yang lain. Terimkasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *