Apa yang dimaksud dengan laut mati ?


Sebagian dari kalian mungkin sudah pernah mendengar dengan istilah laut mati. Taukah kalian mengapa laut tersebut disebut sebagi laut mati ? nah, untuk itu tim info-MNarik akan membahasnya untuk kalian. Berkut pembahasannya untuk kalian.

Perlu kalian ketahui, sebenarnya mati merupakan sebuah danau yang membujur di daerah antara Israel, Palestina dan Yordania. Di danau ini berhasil menjadi titik terendah di bumi dengan 437 m dibawah permukaan laut.  Danau ini merupakan  daerah pengumpulan air dari sungai Yordan.

Panjang danau ini mencapai 67 Km dan lebar 18 Km dengan kedalaman rata - rata 118 m. danau ini juga memiliki pantai sepanjang 135 pantai. Dan memiliki debit air kira – kira mencapai 147 Km3 dengan daerah pengumpulan air mencapai 41.650 Km2.

Danau ini disebut laut mati karena tidak ada bentuk kehidupan apapun didalam air danau ini. Air danau ini memiliki kandungan garam yang sangat tinggi. Yaitu mencapai 32% garam. Bandingkan saja dengan air laut yang hanya memiliki 3 sampai 3.5 persen saja.

Kandungan garam sebesar itu membuat manusia dapat dengan mudah terapung disana. Dimana menurut para peneliti,  danau ini terbentuk karena adanya retakan kecil tiga juta tahun lalu yang terjadi pada lembah sungai Yordan.

Hal tersebut membuat air laut masuk dan terkumpul. Iklim kering dan evaporasi membuat konsentarasi mineral garam, kapur, dan gipsum membuat konsentrasi nya kian meninggi. Dan menjadikannya sebagai air garam dengan konsentrasi paling tinggi di dunia.

Nah itu dia temen – temen mengapa sebab danau ini disebut sebagai laut mati. Yaitu karena di air ini tidak ditemukan bentuk kehidupan sama sekali. Baik, terimakasih sudah membaca postingan saya kali ini. Jangan lupa membaca postingan saya kali ini. Terimakasih :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *