Bagaimana gurun terbentuk ?


Ketika kita menyebut gurun, mungkin yang terlintas di bayangan kita adalah gurun sahar yang luas dan seakan tanpa batas. Dimana gurun merupakan tempat yang sangat ekstrim. Karena memliki oanas yang sangat tinggi di siang hari. Namun, pernahkah kalian berpikir mengapangurun bisa terbentuk ? Oleh karena itu, info-MNarik akan memebahasnya untuk kalian.

Perlu kalian ketahui, sepertiga daratan kita di bumi ini merupakan gurun yang gersang. Dengan tempat yang di penuhi pasir dan tandus. Dengan hewan yang kebanyakan aktif di malam hari. Dan tumbuhan yang berbeda dengan tempat lainnya.

Gurun terbentuk karena memiliki curah hujan yang sangat sedikit. Yaitu hanya rata - rata sekitar 15 inci hujan tahunan saja. Bandingkan saja dengan hutan hujan tropis yang dapat mencapai 60-160 inci hujan tahunan. Tentu hal tersebut sangatlah jauh berbeda. Oleh karena itu, tempat yang menerima hujan yang sangat sedikit ini sangat panas dan kelembapan udara sangat rendah. membuat tumbuhan sukar tumbuh disana. Dan membuat permukaan tanah tidak memiliki air. Sehingga, tanah pun menjadi tandus dan lama kelamaan menjadi pasir.

Tumbuhan yang hidup di daerah gersanh seperti gurun ini biasanya rumbuhan endemik yang sudah mengalami modifikasi untuk mengurangi penguapan saat siang hari yang sangat panas. Dan hewan yang ada di daerah ini merupakan hewan yang biasanya aktif di malam hari. Dan saat diang hari mereka akan bersembunyi di batu - batu.

Nah itu dia temen - temen pembahasan mengenai bagaimana gurun bisa terjadi. Semoga pembahasan diatas dapst bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa baca postingan kami yang lain. Terimakasih sudah membaca :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *