Bagaimana gunung terbentuk ?


Gunung merupakan sebuah daratan yang lebih tinggi dari sekitar. Bahkan, gunung mampu mencapai ribuan meter. Tahukah kalian mengapa gunung bisa menjulang tinggi sperti itu ? nah, berikut tim info-mnarik akan merangkum beberapa sebab mengapa gunung dapat terbentuk sampai ribuan meter tingginya.

Gunung terbentuk karena ada sumber panas di bawah tanah. Sumber panas tersebut adalah magma. Magma ini panas dan bertekanan tinggi. Sehingga magma akan selalu mencari jalan keluar ke permukaan bumi melalui retakan-retakan pada batuan. ketika magma muncul ke permukaan bumi, magma akan disebut sebagai lava dan peristiwanya disebut erupsi atau letusan gunung berapi.

Bila letusan gunung berapi berlangsung berulang kali, maka lambat laun titik letusannya akan bertambah tinggi, karena bertumpuknya hasil letusan sebelumnya. Tumpukan berbagai macam hasil letusan inilah yang menyebabkan bentuk gunung perlahan tapi pasti akan terlihat mirip dengan bentuk ‘segitiga’ bila kita lihat dar kejauhan.

Nah itu dia temen-temen proses terjadinya gunung. Tentu pembentukan gunung tidak berlangsung dalam waktu yang pendek. Gunung bisa terbentuk dalam jangka waktu yang sangat lama. Baik, semoga bahasn kali ini bisa bermanfaat. terimakasih sudah membaca postingan kali ini :)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *